Krisis Turki Mendorong Indonesia Menaikkan Suku Bunga Lagi


“ Kenaikan keempat dalam lima pertemuan yang diminta oleh pembantaian di aset pasar berkembang “

Oleh;

SHOTARO TANI, penulis staf Nikkei

Dilangsir Nikkei Asian Review

Koordinatberit- Bank Sentral Indonesia menaikkan suku bunga utamanya untuk keempat kalinya dalam lima pertemuan, sebagian sebagai tanggapan atas krisis mata uang Turki yang telah bergejolak melalui pasar global.

Bank Indonesia pada Rabu memutuskan menaikkan suku bunga reverse repo tujuh hari menjadi 5,50% dari 5,25%. Bank sentral telah menaikkan suku bunga utamanya di semua kecuali satu pertemuan sejak Mei, meningkatkannya dengan gabungan 125 basis poin karena berusaha membendung penurunan nilai tukar rupiah.

Kenaikan itu didorong oleh aksi jual global di aset pasar berkembang karena investor menghindari aset berisiko setelah melihat lira Turki jatuh ke rekor terendah minggu ini. Meski begitu, langkah itu tidak terduga, dengan hanya enam dari 19 ekonom yang disurvei oleh Reuters mengantisipasi langkah itu.

Nilai tukar rupiah telah jatuh lebih dari 7% tahun ini, merosot ke level terendahnya terhadap dolar sejak 2015 pada hari Senin. Mata uang menguat sedikit setelah pengumuman.

"Ketidakpastian global meningkat karena kerentanan ekonomi domestik Turki," Perry Warjiyo, gubernur bank sentral, mengatakan pada konferensi pers setelah pertemuan. "Bank Indonesia terus memperhatikan faktor internal termasuk Fed Fund Rate, ketegangan perdagangan, dan apa yang terjadi di Turki dan kemungkinan efek menular dari situasi Turki."

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyob

Gareth Leather, ekonom senior Asia di Capital Economics, mengatakan dalam sebuah laporan bahwa keputusan tersebut menunjukkan bahwa fokus bank sentral tetap mendukung rupiah.

"Pihak berwenang khawatir tentang pelemahan mata uang karena tingkat utang mata uang asing yang relatif tinggi di negara itu," tulisnya. "Bahkan jika krisis di Turki mulai memudar, kami pikir kombinasi meningkatnya imbal hasil US Treasury dan perang perdagangan yang meningkat antara AS dan China, akan menjaga rupiah di bawah tekanan ... untuk saat ini tampaknya tidak mungkin bahwa kenaikan suku bunga saat ini akan menandai yang terakhir dalam siklus saat ini. "

Bank Indonesia secara teratur melakukan intervensi di pasar mata uang untuk menghentikan penurunan, tetapi tidak dapat menghentikan depresiasi rupiah - sebuah skid yang diperparah oleh defisit transaksi berjalan negara yang terus-menerus. Kekurangan melebar menjadi $ 8 miliar pada kuartal kedua tahun ini, yang paling dalam hampir empat tahun.

Indonesia juga mencatat defisit perdagangan sebesar $ 2 miliar pada bulan Juli, terbesar dalam lima tahun. Investor asing juga mulai menghindari negara, dengan investasi langsung jatuh hampir 13% pada kuartal April-Juni - kontraksi pertama setidaknya sejak 2010, data yang dirilis pada hari Selasa menunjukkan.

Data ini "lebih buruk dari yang diharapkan" dan mereka kemungkinan memainkan peran dalam keputusan bank, kata David Sumual, kepala ekonom di Bank Central Asia. Sumual mengharapkan suku bunga acuan sebesar 5,75% hingga 6% pada akhir tahun, dan pertumbuhan ekonomi untuk setahun penuh menjadi 5,2% - sedikit lebih rendah dari perkiraan sebelumnya.

Dia memerintahkan langkah untuk meningkatkan konsumsi biodiesel minyak sawit yang diproduksi secara lokal untuk mendorong keluar bahan bakar impor, dan dilaporkan mempertimbangkan mengurangi proyek-proyek infrastruktur tanda tangannya untuk mengekang impor bahan bangunan.

Presiden pada hari Selasa bertemu dengan menteri kabinet untuk membahas cara mencegah penurunan mata uang.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pemerintah akan memberlakukan tarif 7,5% pada 500 barang konsumsi dan bahan baku yang "memiliki potensi untuk substitusi produk di dalam negeri."

Dia menambahkan bahwa pemerintah akan membuat dua perusahaan milik negara - raksasa minyak dan gas Pertamina dan Perusahaan Listrik Negara, distributor tunggal perusahaan listrik rumah tangga - meninjau jumlah komponen yang mereka impor untuk proyek-proyek seperti pembangkit listrik dan rig minyak. Dia juga meminta agar perusahaan menunda proyek-proyek baru yang belum dijatuhi sanksi dan menangguhkan impor barang modal selama enam bulan.

Presiden Widodo pekan lalu mengumumkan ia akan mencalonkan diri untuk masa jabatan kedua sebagai presiden dalam pemilihan umum April 2019. Mata uang yang jatuh bisa diterjemahkan ke dalam inflasi yang lebih tinggi, berpotensi melukai peluangnya untuk terpilih kembali. SHOTARO TANI, penulis staf Nikkei-( redaksi koordinatberita.com )


21 tampilan

PT. Sinar Katulistiwa Nusantara ( Pers )

adalah suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang media Cyber yang bernama

Koordinatberita.com berakta Notaris No: 27, PT. Sinar Katulistiwa Nusantara berbadan hukum siah terdaftar dalam Kementerian Hukum dan Ham RI, NomerAHU-0044771.AH.01.01. Tahun 2018 / Daftar Perseroan Nomer AHU-0124529.AH.01.11.Tahun 2018 Tanggal 21 September. 

Alamat redaksi: Jl. Bibis Tama, Surabaya Jawa Timur- Telpon: 087853787634 Email:khoirulfatma13@gmail.com - redaksikoordinatberita@gmail.com

©2018 BY KOORDINAT BERITA.com