Polda Jatim Tidak Serius Tangani PT ACI Bahkan Terkesan Jalan Ditempat


Surabaya, koordinatberita.com- Polda Jawa Timur dirasa tidak serius menangani laporan terkait perkara PT ACI yang diduga sebagai Penyelenggaraan Ibadah Haji tidak memiliki ijin. Pasalnya apa yang dilakukan oleh PT ACI, rawan adanya penipuas secara publik, dan hal itu bisa melanggar pada pasal pasal 63 ayat 1 uu 13/2008, pasal itu sangat jelas sekali tidak multi tafsir dan Pidana murni. Anehnya, sudah 1,5 tahun pihak Polda Jatim tidak menagani dengan serius dan terkesan jalan ditempat.

Padahal Yunus Yamani sebagai pelapor di Polda Jatim melaporkan pada 9 februari 2017 dengan No TBL/186/II/2017/UM/JATIM tentang adanya dugaan pelanggaran pasal 63 ayat 1 UU Penyelenggaraan Ibadah Haji No 13/2008, anehnya sampai saat ini tidak ada tindak lanjut dan kabar beritanya.

Sementara menurut pelapor mengatakan,” bahwa Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP) merupakan hak bagi pelapor. Dalam hal menjamin akuntabilitas dan transparansi penyelidikan atau penyidikan, wajib memberikan SP2HP kepada pihak pelapor baik diminta atau tidak diminta secara berkala,” kata Yunus.

Lanjut Yunus,” berdasarkan peraturan Kapolri Nomor 12 Tahun 2009 tentang Pengawasan dan Pengendalian Penanganan Perkara Pidana di Lingkungan Kepolisian Negara Republik Indonesia, pasal 39 ayat 1, berbunyi yakni menjamin akuntabilitas dan transparansi penyidikan, penyidik wajib memberikan SP2HP kepada pihak pelapor baik diminta atau tidak diminta secara berkala paling sedikit 1 kali setiap 1 bulan,” jelasnya Yunus.

Karena tidak ada keseriusan pihak Polda Jatim akhirnya Yunus Yamani merasa kesal dan kecewa, hingga akhirnya Yunus sebagai pelapor melakuka somasi terhadap kinerja Polda yang kurang provesional

Namun di tempat berbeda Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera S.I.K, saat dikonfirmasi menjelaskan dalam penanganan laporan no.186/II/2017/UM/Jatim dengang pelapor Yunus Yamani,” Penyidik Polda Jatim suda melakukan pemeriksaan interogasi terhadap pelapor dan memeriksa 6 orang saksi selain itu juga mengumpulkan surat-surat dan bukti terkait,” kata Barung

Lanjut Barung“ berkoordinasi dengan PH dari Pelapor, ( karena saat ini ada laporan lain yang terkait dan pelapor masih fokus dalam proses persidangan).tagasnya.

Sedangkan Terlapor Cahyono sebagai pemilik PT ACI, saat di konfirmasi awak media ," Mengatakan kalau saya di laporkan saya siap akan membuktikan karena saya punya bukti buktinya,” jelas Cahyono. (Rhy/Oirul)


0 tampilan

PT. Sinar Katulistiwa Nusantara ( Pers )

adalah suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang media Cyber yang bernama

Koordinatberita.com berakta Notaris No: 27, PT. Sinar Katulistiwa Nusantara berbadan hukum siah terdaftar dalam Kementerian Hukum dan Ham RI, NomerAHU-0044771.AH.01.01. Tahun 2018 / Daftar Perseroan Nomer AHU-0124529.AH.01.11.Tahun 2018 Tanggal 21 September. 

Alamat redaksi: Jl. Bibis Tama, Surabaya Jawa Timur- Telpon: 087853787634 Email:khoirulfatma13@gmail.com - redaksikoordinatberita@gmail.com

©2018 BY KOORDINAT BERITA.com