• Redaksi koordinatberita.com

Diduga 300 Ton BBM Milik PT Maspion Ditangkap Mabes Polri


“ Kapal SPOB Agung Jaya I Tidak Miliki Ijin Angkut BBM Dari ESDM “

Koordinatberita.com,(Surabaya)- Kapal dengan sembilan ABK yang diduga tidak memiliki izin angkut dari ESDM untuk membawa solar. Kapal SPOB Agung Jaya (AJ) I akan mengirim BBM solar tanpa izin dari Depo Pertamina Perak ke PT Maspion Manyar Gresik. Dan kapal tersebut akhirnya di amankan Direktorat Polisi Air (Ditpolair) Korpolairud Baharkam Mabes Polri pada, Jumat (30/11).

Terkait dugaan Kapal SPOB Agung Jaya I yang mengangkut bahan bakar minyak (BBM) jenis solar sebanyak 300 ton yang di ketauhi miliik Maspion sedang melintasia di perairan Gresik, Selat Madura, Jawa Timur dan kapal dengan sembilan (9) ABK itu diduga tidak memiliki izin angkut BBM dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Sementara menurut Kompol Jimmi Hot Bonar Pakpahan, Komandan KP Kakatua Ditpolair Korpolairud Mabes Polri dalam keterangannya.

“ Kapal SPOB Agung Jaya I itu terjaring operasi yang dilaksanakan Kapal Polisi (KP) Kakatua 5012 milik Ditpolair Korpolairud Baharkam Mabes Polri di Perairan Gresik,” ujar Surabaya, Jumat (30/11).

Dari hasil pemeriksaan sementara, Kapal SPOB Agung Jaya I akan mengirim BBM solar tanpa izin dari Depo Pertamina Perak, Surabaya ke PT Maspion Manyar Gresik. “Petugas Ditpolair terpaksa menghentikan laju kapal SPOB Agung Jaya I karena mencurigai muatan kapal tersebut tidak dilampiri surat izin sebagaimana mestinya. Setelah kita lakukan pemeriksaan, kapal tersebut benar melakukan pelanggaran izin mengangkut BBM dari Dirjen Migas Kementerian ESDM,” ujar Kompol Jimmi Hot Bonar Pakpahan.

Penyidik menjerat nahkoda kapal melanggar Pasal 53 huruf b juncto Pasal 23 Undang-Undang RI Nomor 22 Tahun 2001 tentang Migas dengan ancaman pidana empat tahun penjara dan denda Rp 40 miliar. Untuk barang bukti kapal beserta muatannya untuk sementara ditahan di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. “Untuk sementara dari perkara ini, nakhoda kapal kita tetapkan sebagai tersangka dan sembilan ABK masih kita amankan guna proses penyidikan sebagai saksi,” tandas Kompol Jimmi.@_Oirul.


21 tampilan

Koordinatberita.com berakta Notaris No: 27, PT. Sinar Katulistiwa Nusantara berbadan hukum sah terdaftar dalam Kementerian Hukum dan Ham RI, NomerAHU-0044771.AH.01.01. Tahun 2018 / Daftar Perseroan Nomer AHU-0124529.AH.01.11.Tahun 2018 Tanggal 21 September. Alamat redaksi: Jl. Bibis Tama, Surabaya Jawa Timur- Telpon: 087853787634 Email:khoirulfatma13@gmail.com - redaksikoordinatberita@gmail.com PT. Sinar Katulistiwa Nusantara ( Pers )

  • Facebook
  • Twitter
  • LinkedIn

©2018 BY KOORDINAT BERITA.PT. Sinar Katulistiwa Nusantara ( Pers )