• Redaksi koordinatberita.com

Kasus Prostitusi Online, Dua Nama Mucikari Tidak Ada Dalam SPDP


Koordinatberita.com,(Surabaya)- Kasus prostitusi online yang di tangani penyidik Polda Jatim, SPDP -nya suda di Kejati Jatim. Melalui Kasi Penkum, Richard Marpaung membenarkan telah menerima Surat Perintah Dimulainya Penyidikan (SPDP) atas kasus prostitusi artis Vanessa Angel (VA) dan Avriellia Shaqqila (AS). Namun, dalam kasus tersebut dua nama yang sebagai mucikari dan berstatus tersangka tidak disebutkan dalam SPDP.

"SPDP sudah kami terima beberapa hari lalu," kata Richard saat. Senin (14/1).

Kendati demikian, Richard belum mengetahui identitas EN dan TN, dua mucikari yang sudah ditetapkan tersangka oleh penyidik Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jatim beberapa waktu lalu.

"Dalam SPDP nya belum ada nama tersangkanya, jadi saya tidak bisa menjelaskan identitasnya," ujarnya.

Saat ditanya siapa jaksa yang akan menangani perkara prostitusi ini, Richard mengaku belum ada penunjukkan.

"Belum ada P16 nya, kalau sudah ada, akan saya kabari siapa jaksa nya," kata Richard.

Untuk diketahui, EN dan TN disangkakan melanggar UU ITE pasal 27 dan 45, 296 dan 506 terkait dengan penyedia jasa prostitusi baik secara elektronik maupun konvensional.

Kegiatan prostitusi online dengan melibatkan oknum artis ini sudah berlangsung sejak tahun 2017.

Berdasarkan hasil pengembangan yang dilakukan oleh Tim Penyidik, ada sekitar 45 oknum artis dan model terlibat langsung di dalam prostitusi online ini di bawah kendali dari dua orang mucikari dengan memiliki tugas masing-masing, tersangka EN berperan sebagai penghubung langsung penyedia artis, sedangkan tersangka TN sebagai penghubung artis model.

Jaringan prostitusi online ini cukup besar dengan tarif mulai Rp 25 juta, Rp 50 juta, Rp 80 juta dan hingga Rp 100 juta lebih, hal ini sesuai tingkat kepopuleran oknum artis tersebut.

Semua transaksinya dilakukan secara online, baik perjanjian maupun pembayarannya dengan uang muka 30 persen dan sisanya setelah bertemu sedangkan masing masing pembagiannya 25 persen dibagi tiga dan sisanya dibagi ke tim.

Dari 45 oknum artis yang terlibat prostitusi online, dua orang oknum artis sudah dilakukan pemeriksaan dan untuk 43 oknum artis, rencananya akan dipangglil satu persatu berdasarkan bukti yang dimiliki, yakni foto-foto maupun transaksinya.@_Oirul


22 tampilan

Koordinatberita.com berakta Notaris No: 27, PT. Sinar Katulistiwa Nusantara berbadan hukum sah terdaftar dalam Kementerian Hukum dan Ham RI, NomerAHU-0044771.AH.01.01. Tahun 2018 / Daftar Perseroan Nomer AHU-0124529.AH.01.11.Tahun 2018 Tanggal 21 September. Alamat redaksi: Jl. Bibis Tama, Surabaya Jawa Timur- Telpon: 087853787634 Email:khoirulfatma13@gmail.com - redaksikoordinatberita@gmail.com PT. Sinar Katulistiwa Nusantara ( Pers )

  • Facebook
  • Twitter
  • LinkedIn

©2018 BY KOORDINAT BERITA.PT. Sinar Katulistiwa Nusantara ( Pers )