309 Kamar Vip untuk Layani (Caleg) Stres dan Depresi


Koordinatberita.com, (Surabaya)- Pasca Pilpres dan Pileh, Rumah Sakit Jiwa ( RSJ) Menur, siap melayani calon legislatif ( caleg) yang gagal terpilih dalam Pemilu Legislatif 2019, khususnya bagi caleg yang mengalami gangguan jiwa.

Kepala Seksi Asuhan dan Mutu Keperawatan RSJ Menur, Basuni mengatakan, sudah menyiapkan sedikitnya 309 kamar rawat inap yang tersedia untuk warga yang mengalami gangguan jiwa, termasuk caleg yang gagal terpilih.


Jumlah 309 kamar itu, memiliki jenis kelas yang berbeda, mulai dari kelas I, II, III, VIP, hingga VVIP.

"Yang jelas, kami selalu siap menerima konsultasi rawat jalan ataupun rawat inap. Tidak hanya untuk caleg, tapi mungkin juga keluarganya," kata Basuni, Selasa (16/4/2019).


Sebab, para pasien saat itu hanya mencantumkan pekerjaan swasta dalam data administrasi. Di sisi lain, pihak rumah sakit tidak hafal wajah-wajah para caleg yang maju di Pemilu 2014 lalu.


"Kebanyakan kalau orang-orang seperti (caleg) ini larinya ke psikiater yang praktik di rumah. Banyak juga psikiater yang punya rawat inap sendiri," ujarnya.


Namun, ia memahami bahwa tidak banyak orang yang bisa menerima keadaan. Terlebih, bagi kebanyakan caleg yang gagal terpilih setelah sebelumnya keluar banyak uang untuk modal kampanye.


"Tidak semua orang bisa menerima. Kadang ada yang mikir terus, karena banyak utang dan lain-lain. Ini yang akhirnya nggak tambah waras, tapi tambah stres," ucapnya. 


Bila sudah terjun ke politik dan maju sebagai calon legislatif, lanjut dia, setiap peserta pemilu memang dianjurkan untuk membesarkan hati bila tidak terpilih.


Apalagi, menurut Busani, jumlah peserta pemilu pada Pileg 2019 di Jawa Timur, sebanyak 750 orang. Sedangkan kursi di DPRD Jatim, hanya ada 120 kursi.


"Nah sisanya (yang tidak terpilih) harus siap kalah. Hari ini (para caleg) sebenarnya sudah bisa melihat kekuatannya (menang atau kalah)," ujar Busani.@_Red

0 tampilan

PT. Sinar Katulistiwa Nusantara ( Pers )

adalah suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang media Cyber yang bernama

Koordinatberita.com berakta Notaris No: 27, PT. Sinar Katulistiwa Nusantara berbadan hukum siah terdaftar dalam Kementerian Hukum dan Ham RI, NomerAHU-0044771.AH.01.01. Tahun 2018 / Daftar Perseroan Nomer AHU-0124529.AH.01.11.Tahun 2018 Tanggal 21 September. 

Alamat redaksi: Jl. Bibis Tama, Surabaya Jawa Timur- Telpon: 087853787634 Email:khoirulfatma13@gmail.com - redaksikoordinatberita@gmail.com

©2018 BY KOORDINAT BERITA.com