Binti Rochma Dari Fraksi Pohon Beringin Akhirnya Ditahan Dalam Kasus Jasmas

”Susul Dua Rekannya ke Penjara, Sugito dan Darmawan”

Koordinatberita.com,(Surabaya)- Melalui Kasipidsus Kejari Tanjung Perak, tidak tanggung-tanggung akhirnya berani tetapkan tersangka dari beberapa anggota dewan terkait kasus dana hibah Pemkot Surabaya. Kini giliran Binti Rachma dari anggota DPRD Surabaya, yang menyusul dua rekannya di penjara, Sugito dan Darmawan.

Tepat di hari Ulang Tahun yang ke 48 menjadi pengalaman pertama Binti Rochma tidur didalam penjara. Pasalnya, Anggota DPRD Surabaya dari Partai Golkar ini ditahan dalam kasus korupsi Jasmas.


"Setelah kami periksa sebagai saksi, Penyidik meningkatkan status yang bersangkutan sebagai tersangka dan menahan tersangka Binti Rochma selama 20 hari kedepan untuk kepentingan penyidikan,"kata Kajari Tanjung Perak, Rachmat Supriady pada wartawan, Jum'at (16/8).


Menurut Kajari Rachmat, Penetapan Binti Rochma sebagai tersangka berdasarkan dua alat bukti.


"Perannya sebagai penampung proposal Jasmas dari Agus Setiawan Tjong. Ada 42 proposal yang ditampung oleh Tersangka (Binti Rochma),"ungkapnya.


Saat ditanya apakah Anggota Komisi D DPRD Surabaya ini menerima fee atas penampungan proposal tersebut, Rachmat mengaku ada kesepakatan antara Binti Rochma dengan Agus Setiawan Tjong selaku pelaksana maupun kordinator jasmas yang telah divonis 6 tahun penjara oleh hakim Pengadilan Tipikor Surabaya.


Penyimpangan dana hibah ini bermodus pengadaan. Ada beberapa pengadaan yang dikucurkan oleh Pemkot Surabaya, diantaranya untuk pengadaan terop, kursi Chrom, kursi plastik, meja, gerobak sampah, tempat sampah dan sound system.


"Kami akan buktikan dalam persidangan,"kata Rachmat.


Dalam perkara ini, Binti Rochma dijerat melanggar pasal 2 Jo Pasal 3 UU Tipikor, Jo Pasal 55 ayat (1) KUHPidana.


Untuk diketahui, Hari ini penyidik telah memanggil Binti Rochma sebagai saksi atas perkara Sugito dan Darmawan, Dua Anggota  DPRD Surabaya yang lebih dulu ditetapkan tersangka.


Ia memenuhi panggilan penyidik sekitar pukul 09.00 Wib dan sekitar pukul 16.00 Wib, Penyidik menaikan status Binti Rochma dari saksi menjadi tersangka.


Selanjutnya sekitar pukul 17.25 Wib, Penyidik resmi menahan Binti Rochma dan dibawa ke Cabang Rutan Kelas I Surabaya di Kejati Jatim.@_Ries/Oirul

5 tampilan

PT. Sinar Katulistiwa Nusantara ( Pers )

adalah suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang media Cyber yang bernama

Koordinatberita.com berakta Notaris No: 27, PT. Sinar Katulistiwa Nusantara berbadan hukum siah terdaftar dalam Kementerian Hukum dan Ham RI, NomerAHU-0044771.AH.01.01. Tahun 2018 / Daftar Perseroan Nomer AHU-0124529.AH.01.11.Tahun 2018 Tanggal 21 September. 

Alamat redaksi: Jl. Bibis Tama, Surabaya Jawa Timur- Telpon: 087853787634 Email:khoirulfatma13@gmail.com - redaksikoordinatberita@gmail.com

©2018 BY KOORDINAT BERITA.com