• redaksikoordnatberita

Desember Mendatang Para Pejalan Kaki Bisa Nikmati Alun-Alun Kota Surabaya

Proyek pengerjaan Alun-Alun Surabaya 30 Persen”

Koordinatberita.com| SURABAYA~ Warga Kota Surabaya akan segera memiliki Alun-Alun di pusat kota. Pasalnya, melalui Pemkot Surabaya, proyek pengerjaan basemen Alun-Alun Surabaya Jalan Yos Sudarso sudah mecapai 25-30 persen. Selain itu segera di buka dan bisa dinikmati para pejalan kaki pada bulan Desember mendatang.


Dalam keterangan Iman Krestian Kepala Bidang Gedung dan Bangunan Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, Cipta Karya, dan Tata Ruang (Cipta Karya) mengatakan, 30 persen itu untuk bagian badan jalan.

"Kami masih mengecek progress terakhir. Reportnya 25-30 persen untuk badan jalan. Secara keseluruhan kami masih menunggu (lahan) Jalan Pemuda (nomor) 17 itu," ujarnya, kepada Koordinatberita.com, Rabu (13/11)


Namun sebelumnya lahan tersebut telah dikuasai oleh PT Maspion yang ada Jalan Pemuda Nomor 17 bertahu-tahun. Kendati jalannya waktu lahan tersebut kini menjadi aset Pemkot Surabaya secara sah.


"Kalau itu (pengerjaannya) tidak bisa terlaksana, berarti ada penghentian kontrak. Jadi tidak termasuk dalam progres keseluruhan," kata Iman.


Sesuai perkiraan, pengerjaan basemen Alun-Alun Surabaya baru akan tuntas pada Juni 2020 mendatang. Namun, kata Iman, Pemkot Surabaya akan membuka Jalan Yos Sudarso lebih cepat.


"Kami upayakan Desember sudah bisa dilalui manusia. Akhir tahun nanti, saat perayaan tahun baru 2020, Jalan Yos Sudarso bisa bisa dilintasi warga," katanya.


Bisa dilewati warga, artinya, Jalan Yos Sudarso pada Desember mendatang rencananya akan dibuka untuk pejalan kaki. Bukan untuk kendaraan bermotor.


"Karena struktur beton itu butuh kematangan. Butuh waktu supaya benar-benar kuat. Kalau langsung dilewati kendaraan, terlalu berisiko," katanya.


Adapun proses pengerjaan Alun-Alun Surabaya yang berlangsung saat ini adalah pengerjaan kolom, soldier pile (penahan tanah), dan bore pile (pondasi). Setelah itu, penggalian baru akan dilakukan.


"Pengerjaannya ini top-down. Atas dulu, baru bawah dikeruk. Setelah soldier pile dan bore pile selesai baru digali sedikit bikin landasan atau atap basemen. Baru kami gali bawahnya," ujarnya.


Pada saat dibuka Desember mendatang untuk pejalan kaki, Iman mengatakan, akan ada salah satu segmen Jalan Yos Sudarso yang tetap dibiarkan lubang atau terbuka untuk keluar-masuknya kendaraan berat.@_Oirul

8 tampilan

Koordinatberita.com berakta Notaris No: 27, PT. Sinar Katulistiwa Nusantara berbadan hukum sah terdaftar dalam Kementerian Hukum dan Ham RI, NomerAHU-0044771.AH.01.01. Tahun 2018 / Daftar Perseroan Nomer AHU-0124529.AH.01.11.Tahun 2018 Tanggal 21 September. Alamat redaksi: Jl. Bibis Tama, Surabaya Jawa Timur- Telpon: 087853787634 Email:khoirulfatma13@gmail.com - redaksikoordinatberita@gmail.com PT. Sinar Katulistiwa Nusantara ( Pers )

  • Facebook
  • Twitter
  • LinkedIn

©2018 BY KOORDINAT BERITA.PT. Sinar Katulistiwa Nusantara ( Pers )