DLH Surabaya Akan Beri Peringatan PT SS, Dalam Dugaan Pencemaran Lingkungan ke Warga

”Satu Orang Meninggal Dunia Karena Tertimbun Lumpur“

Koordinatberita.com,(Surabaya)- Dugaan pencemaran lingkungan yang dilakukan PT Sinar Suri (SS) kepada warga setempat. Selain pencemar lingkungan itu, dalam proyek tersebut juga menelan korban jiwa yakni Imam Syafi’i (35) asal Madura, hingga meninggal dunia. Dan kini piha Pemkot Surabaya melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) akan memberikan surat peringatan, bila benar melakukan pencemaran karena pihak DLH Kota Surabaya sudah menerjunkan tim ke lokasi.


Pemkot Surabaya melalui Dinas Lingkungan Hidup akan mengeluarkan surat peringatan kepada perusahaan kalau hasil penelitian menunjukkan air sumur warga tercemar limbah lumpur. Bahkan Pemkot juga akan minta perusahaan menghentikan proyeknya dan membereskan pencemaran lingkungan yang terjadi.


“Kami sudah terjunkan tim untuk meneliti sampai pekan depan (19 Agustus 2019),” kata Eko Agus Supiandi Kepala DLH Surabaya, Selasa (13/08/2019).


Menurut Eko, proyek milik PT Sinar Suri sudah mengantongi UKL (Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup) dan UPL (Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup) dari Pemkot Surabaya.


Eko menambahkan, perusahaan itu sudah mengantongi izin mulai tahun 2011 dan ditangani Dinas Cipta Karya. “Kalau memang terbukti mencemari, mereka barus menutup galian atau buangannya. Nanti kami cek,” jelas Eko.


Tambahnya Eko, meski dalam penampungan lumpur yang dibuat PT Sinar Suri diperbolehkan, kata Eko, tapi harus memperhatikan beberapa hal. Diantaranya, syarat konstruksi kolam tampung lumpur cukup kuat sehingga tidak jebol dan merembes.


“Sebenarnya boleh tapi harus ada areanya sendiri. Meski di tengah perumahan warga, kalau konstruksinya kuat gak masalah,” papar Eko.


Seperti yang di ulas di intiwarta.com, sebelumnya, Sabtu 10 Agustus 2019 lalu, tembok kolam penampungan lumpur dari pemasangan paku bumi di PT Sinar Suri di Raya Sukomanunggal, Surabaya, jebol.


Dalam peristiwa itu, satu orang meninggal dunia karena tertimpun lumpur. Korban Imam Syafi’i (35) asal Madura, bekerja di perusahaan yang ada di sebelah PT Sinar Suri dan baru berhasil dievakuasi Minggu 11 Agustus 2019.@_Tim

26 tampilan

PT. Sinar Katulistiwa Nusantara ( Pers )

adalah suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang media Cyber yang bernama

Koordinatberita.com berakta Notaris No: 27, PT. Sinar Katulistiwa Nusantara berbadan hukum siah terdaftar dalam Kementerian Hukum dan Ham RI, NomerAHU-0044771.AH.01.01. Tahun 2018 / Daftar Perseroan Nomer AHU-0124529.AH.01.11.Tahun 2018 Tanggal 21 September. 

Alamat redaksi: Jl. Bibis Tama, Surabaya Jawa Timur- Telpon: 087853787634 Email:khoirulfatma13@gmail.com - redaksikoordinatberita@gmail.com

©2018 BY KOORDINAT BERITA.com