• redaksikoordnatberita

Kejati Jatim: Penyidikan Tetap Jalan. Kami, Minta BPKP Audit semua aset Kekayaan YKP Dan PT YEKAPE

SKANDAL KORUPSI PT YKP-KMS RP 60 TRILIUN

”YKP Kibarkan Bendera Putih, Janji Serahkan Aset ke Pemkot Surabaya“

Ketua Dewan Pembina YKP Sartono


Koordinatberita.com,(Surabaya)- Penyidikan kasus korupsi yang dilakukan Kejati Jatim melalui Bidang Pidana Khusus (Pidsus) dibawah komando Didik Farkhan Alisyahdi membuat pengurus Yayasan Kas Pembangunan (YKP) Surabaya keder dan mengangkat bendera putih alias menyerah. Dan hal tersebut tidak menghilangkan proses hukum dalam penyelidikan dan penyidikan.


Lewat ketua Dewan Pembina YKP Sartono, menyatakan segera mengundurkan diri dari pengurus dan akan menyerahkan seluruh aset YKP dan PT YEKAPE kepada Pemkot.


Pernyataan Sartono itu disampaikan sebelum diperiksa tim penyidik Kejati Jatim kemarin (26/6). Didampingi anggota dewan pembina Chiorul Huda, Sartono sekaligus menyerahkan surat pernyataan pembina YKP yang ditanda tangani seluruh anggota dewan pengurus.


"Kami sepakat dan akan segera mengundurkan diri dari pembina Yayasan. Dan sekaligus menyerahkan seluruh aset YKP dan PT YEKAPE kepada Pemkot melalui Kejati Jatim " kata Sartono dikutip Koordinatberita.com saat memberikan keterangan diruang Pidsus Kejati Jatim, Kamis (27/6).


Ditanya alasan pengunduran diri dan penyerahan aset, Sartono mengaku para pembina sudah lanjut usia. "Usia

saya sendiri sudah 81 tahun, saatnya mundur. Dan selama ini kami mengelola YKP karena ditunjuk oleh almarhum walikota Soenarto,"tuturnya.


Sementara itu Aspidsus Kejati Jatim Didik Farkhan ketika dikonfirmasi membenarkan pernyataan Sartono itu.


"Benar kami telah menerima surat pernyataan dari ketua pembina YKP. Intinya para pembina akan mengundurkan diri dan segera menyerahkan seluruh aset YKP dan PT Yekape ke Pemkot Surabaya," terang Didik.


Meski telah ada rencana penyerahan pengelolan dan aset YKP dan PT YEKAPE, pihak Kejati akan tetap meneruskan penyidikan. "Penyidikan tetap berjalan. Kita sudah minta tolong BPKP agar mengaudit semua asetnya. Biar diketahui pasti kekayaan YKP dan PT. YEKAPE,"jelas Didik.


Jadwal pemeriksaan, lanjut Didik juga terus berlanjut. Seperti hari ini Tim penyidik telah memeriksa mantan pengurus YKP Sukarjo dan Suryo Harjono. Mereka diperiksa selama 6 Jam. Ada sekitar 20 pertanyaan yang diajukan penyidik.


Di tempat terpisah, hari ini tim penyidik dibantu BPN kota Surabaya juga telah melakukan penyisiran on the spot terhadap beberapa titik aset YKP dan PT. Yekape.


"Pokoknya penyidikan terus berjalan. Termasuk rencana pemanggilan beberapa pihak yang akan diperiksa minggu depan,"pungkasnya.@_Ries/Oirul

10 tampilan

Koordinatberita.com berakta Notaris No: 27, PT. Sinar Katulistiwa Nusantara berbadan hukum sah terdaftar dalam Kementerian Hukum dan Ham RI, NomerAHU-0044771.AH.01.01. Tahun 2018 / Daftar Perseroan Nomer AHU-0124529.AH.01.11.Tahun 2018 Tanggal 21 September. Alamat redaksi: Jl. Bibis Tama, Surabaya Jawa Timur- Telpon: 087853787634 Email:khoirulfatma13@gmail.com - redaksikoordinatberita@gmail.com PT. Sinar Katulistiwa Nusantara ( Pers )

  • Facebook
  • Twitter
  • LinkedIn

©2018 BY KOORDINAT BERITA.PT. Sinar Katulistiwa Nusantara ( Pers )