Proyek Pembanguna Gudang Kosmetik PT Tempo Group, Jl. Gresik, Surabaya Di Duga Langgar UU Lingkungan

” Kompensasi Warga Belum terealisasi “

Koordinatberita.com,(Surabaya)- Proyek renovasi pembangunan Gudang Kosmetik Milik PT. Tempo Group yang dikerjakan oleh Kontraktor PT Murindo, di Jalan Gresik Kecamatan, Krembangan di duga mencemari warga sekitar. Pasalnya, proses pembangunan gudang kosmetik disinyalir kuat melakukan pencemaran lingkungan, dengan membiarkan materia bangunan berupa debu bertebaran bebas di udara, mimbikin pernafasan terganggu dan belum lagi getaran alat berat yang membuat rumah bergetar ‘ Horek’ dan sangat berbahaya. Hal itu bisa telah melanggar Undang-Undang Lingkungan Hidup.

Ini dapat dilihat dari proses pembangunan gudang kosmetik yang dari awal mengabaikan pengawasan dan perlindungan untuk lingkungan di sekitarnya, khususnya warga Jalan Gresik yang ada di sekitar proyek tersebut.

Salah satu penikmat warung kopi saat ngobrol dengan awak media yang tidak jahu dari proyek pembangunan gudang kosmetik mengatakan, dari awal pembangunan, sudah terlihat kalau pelaksanan pembangunan dan manajemen PT. Tempo Group terkesan memperhatikan dampak lingkungan hidup. Bahkan terkesan mengabaikan hak-hak kami untuk mendapatkan lingkungan yang baik dan sehat.

”Selain menimbulkan suara yang bising akibat aktifitas selama 24 jam, juga alat berat yang beroperasi saat pembongkaran atau merobohkan gedung yang akan direnovasi, warga juga dicemari dengan debu dari proyek itu,” kata sumber di warung kopi, Jalan Gresik.


Menurutnya, debu itu semakin berasa mengganggu dan mengancam kesehatan warga, karena berasal dari banyak material bangunan diantaranya, semen dan materi lain.


“Sekarang dampaknya baru debu yang terasa mengganggu lingkungan dan warga mengalami sesak pernafasan dampak ini akan semakin parah untuk kesehatan warga,” terang.


Meski sudah dipastikan mencemari lingkungan, sampai sekarang juga tidak ada upaya dari manajemen PT Tempo Group atau pelaksana pembangunan (kontraktor). “Dampak ini sangat mengganggu dan merugikan warga, tapi tidak ada upaya secepatnya bahkan terkesan mengalor-olor waktu,” terang.


Sementara menurus Bambang, HRD PT Murindo saat konfirmasi Koordinatberita.com di lokasi pembangunan Proyek Gudang kosmetik mengatakan,” para pihak sudah melakukan pertemuan dan warga meminta berapa konpensasi,” kata Bambang, Senin (15/7).


Namun dalam pertemuan para pihak sepertinya belum ada kejelasan atau kapan terealisasinya dari PT Tempo Group.


“ Kami tidak tahu mas, soal terealisasinya konpensasi warga itu,” ucap Bambang HRD PT. Murindo.


Lanjutnya, Bambang,” yang jelas warga dan para pihak dalam hal ini PT Tempo Group sudah melakukan pertemuan. Tapi untuk pembahasan lebih lanjut kami tidak tahu,” tandas.@_Oirul

0 tampilan

PT. Sinar Katulistiwa Nusantara ( Pers )

adalah suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang media Cyber yang bernama

Koordinatberita.com berakta Notaris No: 27, PT. Sinar Katulistiwa Nusantara berbadan hukum siah terdaftar dalam Kementerian Hukum dan Ham RI, NomerAHU-0044771.AH.01.01. Tahun 2018 / Daftar Perseroan Nomer AHU-0124529.AH.01.11.Tahun 2018 Tanggal 21 September. 

Alamat redaksi: Jl. Bibis Tama, Surabaya Jawa Timur- Telpon: 087853787634 Email:khoirulfatma13@gmail.com - redaksikoordinatberita@gmail.com

©2018 BY KOORDINAT BERITA.com