Waspada! Hadapi Anomali Cuaca di Jawa Timur, Khususnya Warga Surabaya

“Hujan Bercampur Angin Lebat dan Petir, Hindari dari Bangunan Tinggi Serta Berteduh di Pohon Besar”

Koordinatberita.com | SURUBAYA~ Waspadai dengan musim hujan sekarang ini. Pasalnya, di musim hujan saat ini dipastikan mengalami Anomali cuaca yang tidak dapat dipastikan. Yakni ada beberapa faktor penyebab anomali cuaca. Di antaranya hangatnya suhu muka laut di atas normal perairan Indonesia barat, masuknya aliran massa udara basah dari samudera India di maritim kontinen Indonesia, lemahnya aliran masa udara dingin Australia di wilayah Indonesia.


Lalu adanya daerah perlambatan, pertemuan dan belokan angin di wilayah Sumatera dan Kalimantan, yang mengakibatkan kondisi atmosfer menjadi tidak stabil sehingga terjadi peningkatan curah hujan.


Mengingat hal tersebut Pemkot Surabaya mengimbau masyarakat mengantisipasi dampak anomali cuaca. Sebab, anomali cuaca membuat beberapa wilayah di Jawa Timur mengalami hujan lebat disertai angin kencang dan petir.


Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPB) dan Linmas Kota Surabaya Eddy Christijanto mengatakan tahun ini anomali cuaca terbilang luar biasa. Salah satunya yakni mempengaruhi perubahan iklim di Indonesia, khususnya Kota Surabaya.


“Hasil koordinasi kami dengan BMKG, belum bisa dipastikan Surabaya kapan turunnya hujan yang pasti,” kata Eddy, Selesa (17/12/2019) lalu.


Meski demikian, pihaknya mengimbau masyarakat lebih mewaspadai bahaya angin kencang. Sebab, saat ini angin kencang sudah muncul di beberapa wilayah Jawa Timur, seperti Madiun, Bojonegoro, dan Bangkalan.


“Kalau kita lihat di data cuaca, awan itu bergerak luar biasa dari selatan ke utara, namun saat ini Surabaya terlewati terus,” ujar Eddy


Di samping itu, kata Eddy, ada beberapa pesan dari Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini kepada masyarakat dalam persiapan memasuki musim hujan tersebut. Pertama, masyarakat diimbau rutin mengecek instalasi atau peralatan listrik yang ada di rumah. Menurutnya, tahun lalu, walaupun memasuki musim hujan, kebakaran sering kali terjadi.@_Oirul

10 tampilan

PT. Sinar Katulistiwa Nusantara ( Pers )

adalah suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang media Cyber yang bernama

Koordinatberita.com berakta Notaris No: 27, PT. Sinar Katulistiwa Nusantara berbadan hukum siah terdaftar dalam Kementerian Hukum dan Ham RI, NomerAHU-0044771.AH.01.01. Tahun 2018 / Daftar Perseroan Nomer AHU-0124529.AH.01.11.Tahun 2018 Tanggal 21 September. 

Alamat redaksi: Jl. Bibis Tama, Surabaya Jawa Timur- Telpon: 087853787634 Email:khoirulfatma13@gmail.com - redaksikoordinatberita@gmail.com

©2018 BY KOORDINAT BERITA.com