Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • Editing khoirul

Kejati Jatim Rekonstroksi Kasus Korupsi P2SEM


Foto: Didik Farkhan Asisten (Aspidsus) Kejati Jatim

Surabaya koordinatberita.com- Kejati Jatim melakukan rekonstroksi terhadap 20 orang eks Legislatif dan Eksekutif. Pasalnya, perkara kasus korupsi berjamaa itu, yakni dana hibah terkait Program Penanganan Sosial Ekonomi Masyarakat (P2SEM) dari Pemprov Jatim mendapatkan titik terang agar jelas muaranya. Kini, Kejati Jawa Timur melakukan pemeriksaan berlanjut pada tingkat penyidikan.

Sebelum naik ke tingkat penyidikan atau saat penyelidikan, sudah 30 orang yang dimintai keterangan terkait kasus ini. Hal ini telah di sampaikan oleh Didik Farkhan Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati Jatim,” sebab sebagian dari mereka adalah eks legislatif atau DPRD 2004-2009,” terangnya kepada Wartawan, Selasa (12/6).

Setelah naik ke penyidikan, keterangan dari mereka saat masih penyelidikan perlu dipertajam. Makanya, penyidik lalu memanggil ulang 20 eks legislatif dan eksekutif sejak minggu lalu untuk menjadi saksi pada kasus ini.

Penyidik Kejaksaan ingin merekonstruksi lagi keterangan saksi-saksi, supaya jelas bagaimana penanganan kasus ini. Setelah itu, penyidik bakal memanggil saksi lain yang memgetahui kasus ini.

“Kasus lama ini sekitar 10-12 tahun lalu. Makanya, kami butuh proses untuk mengungkap kasus ini secara bertahap,” jelas Didik.

Perlu di bingat, Kasus P2SEM sempat menhebohkan Jatim pada tahun 2009 lalu. Dana hibah ratusan miliar diduga diselewengkan berjamaah.

Dana P2SEM bantuan hibah itu, disalurkan ke ratusan kelompok masyarakat oleh Pemprov Jatim. Untuk memperoleh hibah itu, kelompok masyarakat harus mengantongi rekomendasi anggota dewan.

Puluhan penerima hibah dari berbagai daerah sudah dipidana karena terbukti bersalah. Beberapa anggota dewan juga sudah menjalani hukuman.

Terpidana sekaligus kunci utama ialah Ketua DPRD Jatim saat itu, almarhum Fathorrasjid. Saat keluar dari penjara beberapa tahun lalu, Fathorrasjid menyerahkan dokumen ke instansi hukum soal keterlibatan pihak lain yang belum terhukum.@ Oirul


11 tampilan

Koordinatberita.com

Lebih dari sekadar media digital, yang berafiliasi berita online, cetak, elektrnik, Tv atau kantor pemberitaan oleh swasta. koordinatberita.commengusung platform kolaboratif dan interaktif yang dibangun melalui inovasi, teknologi dan bukan media yang mengintervensi, tapi kritik cerdas. koordinatberita.com menjunjung tinggi kredibilitas, memegang teguh etika jurnalisme.

 

Koordinatberita.com berakta Notaris No: 27, PT. Sinar Katulistiwa Nusantara berbadan hukum siah terdaftar dalam Kementerian Hukum dan Ham RI, NomerAHU-0044771.AH.01.01. Tahun 2018 / Daftar Perseroan Nomer AHU-0124529.AH.01.11.Tahun 2018 Tanggal 21 September. 

  • Facebook
  • Twitter
  • LinkedIn

©2018 BY KOORDINAT BERITA. PT Sinar Katulistiwa Nusantara (