Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • R

Senin Hari Kecepit: Puluhan Hakim PN Surabaya Tidak Sidang


“Momen Alasan Cuti Imlek”

Koordinatberita.com,(Surabaya)- Momen Menjelang Imlek, Pengadilan Negeri (PN) kelas 1 Surabaya, Jalan Arjuna, pada Senin 4 Febuari 2019, lengang, sepi. Dan puluhan hakim tidak melakukan sidang Pidana maupun Perdata. Anehnya para hakim lebih memilih cuti Imlek dari pada menyidangka para terdakwa yang sudah di jawalkan.

Ironis, hari tersebut adalah hari Senin yang merupakan bukan hari libur (aktif sidang, red) untuk para hakim. Terpaksa hari itu, banyak sidang yang ditunda karena hakim memanfatkan cuti Imlek.

Sementara Sigit Humas PN Surabaya saat dikonfimasi, pihaknya membenarkan kalau banyak hakim yang tidak menyidangkan. “ Karena hari Senin itu hari kecepit dan besokan hari Imlek. Jadi banyak hakim yang mintak ijin cuti,” kata Sigit diruangannya. Senin (4/2).

Dianggap tidak melanggar dari peraturan atau UU oleh Sigit dibolehkan untuk mengajukan cuti demi memanfaatkan hari imlek. Masih menurut Sigit, Sekitar ada sepuluh (10) hakim dan panitera yang menjalamkan cuti ap , dan hari tetap ada sidang namun tidak sepadat hari hari biasanya " ucap Sigit

“ Dan hakim harus pandai mengatur waktu dalam memanfaatkan hari-hari tertentu sebelum ijin cuti. Biasanya untuk memintak cuti seperti hari besar yang ada hari yang kecepit, seperti hari seperti ini (Senin,red),”ungkapnya.

Seperti pantauhan Koordinatberita.com, pada Senin, 4 Febuari 2018, banyak ruang sidang yang tidak digunakan untuk menyidangkan perkara pidana maupun perdata, seperti ruang sidang Garuda, Garuda 1 dan ruang Tirta, termasuk Tirta 1 dan masih banyak ruang yang tidak ada sidang. Hingga pengadilan Negeri (PN) Surabaya, banyak ruang yang kosong karena tidak ada sidang dan nampak sepi dan lengang, Masih pantauhan Koordinatberita.com, beberapa hakim yang menyidangkan perkara, misalnya hakim Sifa’Usrosidi yang sedang meyidangkan perkara Sipoa di ruang Cakra dengan terdakwa Budi, Klemen.

Dan bukan itu saja, yang nampak di mata awak Koordinatberita.com, ruang tahanan PN Surabaya untuk terdakwa yang ada dibelakang juga nampak sepi senyap. Hanya saja beberapa tahanan yang menjalani persidang bisa dihitung dengan jari.@_Oirul


10 tampilan
  • Facebook
  • Twitter
  • LinkedIn

©2018 BY KOORDINAT BERITA. PT Sinar Katulistiwa Nusantara (