Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square

JPU Hadirkan 2 Saksi, Sidang keempat Jalan Gubeng Ambles Diwarnai Adu Mulut

”Dipersidangan Reihard Olivier, Pejabat Pemkot Surabaya Disebut Sebagai Tersangka”

Koordinatberita.com | SURABAYA - Sidang kasus amblesnya Jalan Gubeng dengan agenda mendengarkan dua (2) keterangan saksi yang dihadirkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Rachmat Hari Basuki dan Dini Ardhany terkait Ijin Mendirikan Bangunan (IBM).


Sidang yang digelar di ruang Candra, Pengadilan Negeri (PN) Surabaya itu, dipimpin Majelis Hakim R Anton Widyopriyono dan baru dimulai sekitar pukul 11.30 dan berakhir sampai sekitar pukul 14.30 WIB.


Adapun dua saksi tersebut yakni Sodeli, Kepala Bidang Reservasi Jalan di Balai Besar Jalan Nasional (BBJN) dan juga sebagai Pelapor. Sedang saksi Kedua dari Kepala Bidang Pemetaan dan Tata Ruang Dinas Cipta Karya Pemkot Surabaya, Reihard Olivier.


"Terlebih dulu sebelum memberikan keterangan, saudara disumpah dulu ya," ujar ketua majelis hakim R Anton Widyopriyono saat membuka persidangan diruang cakra, Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Senin (21/10).


Saat pemeriksaan saksi pertama, Sodeli dari Kepala Bidang Reservasi Jalan di Balai Besar Jalan Nasional (BBJN) sempat mengalami bersitegang dengan Martin Suryana penasihat hukum dari PT Saputra Karya yang dianggapnya berbelit-belit.


Kendati giliran saksi kedua saat memberikan keterangan dipersidangan saat mendapatkan pertanyaan dari JPU Rachmat Hari Basuki.


“Saudara sebagai pemberi atau yang menerbitkan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) dalam perencana pengembangan Rumah Sakit Siloam, coba saudara jelaskan bagaimana syarat mengajukan dan mendapatkan IMB,” tanya Hari kepada Reinhard Oliver dari Kepala Bidang Perencanaan Tata Letak Kota Surabaya, Senin (21/10/).


“SKRK itu sifatnya wajib untuk pengajuan IMB,”kata Reinhard Oliver.


Lanjut jaksa,”bagaimana dari pemohon IMB dalam hal ini Rumah Sakit Siloam dalam perencanaan pembangunan Gubeng Mix Use Development Suranaya telah sesuai dengan syarat,” Tanyaknya jaksa Hary kepada saksi.


“Kami kurang tahu terkait hal itu. Sepengetahuan kami, ada perubahan dalam SKRK,” jawab saksi Reinhard Oliver.


Seperti yang di sampaikan saksi Reinhard Oliver dari Kepala Bidang Perencanaan Tata Letak Kota Surabaya dipersidangan dalam mengajukan IMB, terlebih dahulu mengajukan Surat keterangan rencana kota adalah dokumen yang dipersiapkan untuk awal pengurusan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB), SKRK juga di pergunakan untuk pengurusan perizinan yang terkait lainnya seperti amdal lalin, UKL-UPL, dan HO.


Saat waktu bersamaa ketika Jansen Sialoho selaku ketua tim penasehat hukum tiga terdakwa dari PT Nusa Konstruksi Enjiniring (NKE) bertanya tentang status dirinya dalam kasus ini.


"Saudara tersangka ya, saya menemukan dalam berkas penyitaan barang bukti kalau status saudara tersangka," kata Jansen Sialoho tanyaknya pada Reihard Olivier saat bersaksi di ruang sidang cakra, Senin (21/10).


Jawabnya Reinhard "Saya tidak tau, saya hanya sebagai saksi”.


Sementara usai sidang JPU Hari Basuki saat dimintai keterangannya pihaknya mengatakan,”kesaksian dua orang ini, menurut kami sangat menguntungkan apa yang ada dalam dakwaannya.@_Oirul

 
muhajir.jpeg
Independence Koordinatberita.com.jpg

Koordinatberita.comberakta Notaris No: 27, PT. Sinar Katulistiwa Nusantara berbadan hukum siah terdaftar dalam Kementerian Hukum dan Ham RI, NomerAHU-0044771.AH.01.01. Tahun 2018 / Daftar Perseroan Nomer AHU-0124529.AH.01.11.Tahun 2018 Tanggal 21 September. 

Alamat redaksi: Jl. Bibis Tama, Surabaya Jawa Timur- Telpon: 087853787634 Email:khoirulfatma13@gmail.com- redaksikoordinatberita@gmail.com

PT. Sinar Katulistiwa Nusantara ( Pers

Keluarga Besar Koordinat Berita
  • Facebook
  • Twitter
  • LinkedIn