Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square

Pasca Penyidikan, Jaksa Ungkap Pertemuan Anggota Dewan Dengan Terdakwa Jasmas

KORUPSI DANA HIBAH PEMKOT SURABAYA

Koordinatberita.com,(Surabaya)- Enam anggota DPRD Surabaya yakni Darmawan, Binti Rochma, Dini Rinjani, Ratih Retnowati, Sugito dan Saiful Aidy disebut dalam persidangan telah melakukan pertemuan dengan Agus Setiawan Tjong, terdakwa kasus korupsi dana hibah Pemkot Surabaya yang dikucurkan untuk pengadaan barang dalam proyek Jasmas tahun 2016.


Pertemuan itu dilakukan untuk membahas posisi mereka yang saat itu sedang disidik oleh Kejari Tanjung Perak.


"Saudara jelaskan,dalam rangka apa pertemuan saudara dengan terdakwa bersama anggota dewan lainnya di sebuah rumah makan pasca adanya pemeriksaan di penyidikan perkara ini,"kata JPU Muhammad Fadhil di depan Koordinatberita.com, pada Anggota DPRD Surabaya, Sugito saat bersaksi di Pengadilan Tipikor Surabaya, Senin (13/5).


Atas pertanyaan tersebut, Politisi Hanura ini terlihat kebingungan menjawabnya dan sempat menyangkal.


"Pertemuan apa ya,"jawab Sugito


Sesaat kemudian, Sugito diingatkan kembali oleh jaksa Muhammad Fadhil dan akhirnya dijawab dengan lancar oleh Sugito.


"Yang itu, hanya pertemuan biasa kok pak, hanya membicarakan soal kasus ini sama pengembalian utang saya ke Pak Agus,"ujar Sugito.


Tak puas dengan jawaban itu, Jaksa Muhammad Fadhil kembali mencerca pertanyaan lain dan menanyakan siapa yang memiliki ide untuk bertemu dengan terdakwa Agus Setiawan Tjong.


"Apa yang dibicarakan oleh anggota dewan lainnya selain yang saudara katakan tadi, dan siapa yang memprakarsai pertemuan tersebut,"tanya Jaksa Muhamamd Fadhil.


"Kalau itu saya tidak tau pak, karena mereka punya urusan masing masing dengan Pak Agus. Yang memprakarsai pertemuanya adalah Bu Binti Rochma,"jawab Sugito.


Dalam keteranganya,Sugito juga membatah adanya pemberian fee terdakwa Agus Setiawan Tjong atas proyek jasmas. Ia mengaku hanya menerima sebuah bingkisan lebaran.


"Tidak ada fee, hanya diberi bingkisan lebaran yang isinya, sirup, kacang, roti dan permen,"kata Sugito.


Untuk diketahui, Sugito merupakan Anggota DPRD Surabaya keenam yang menjadi saksi dalam persidangan kasus ini. Sebelumnya, lima rekan sejawatnya yakni Darmawan, Binti Rochma, Dini Rinjani, Ratih Retnowati, dan Saiful Aidy lebih dulu bersaksi.


Selain ke enam Anggota DPRD Surabaya, Kasus ini juga telah mendengarkan keterangan tiga saksi lainya, yakni Dea Winnie, Santi dan Robert Siregar, mereka adalah tim marketing Jasmas bentukan terdakwa Agus Setiawan Tjong.


Jaksa juga telah menghadirkan 12 pemohon dan penerima Jasmas yang terdiri dari 8 Ketua RW dan 4 Ketua RT.


Mereka adalah Mudji Hartono, Ketua RW 2 Kelurahan Tambak Rejo, Kecamatan Simokerto, Setyo Winarto, Ketua RW 9 kelurahan Tambak Rejo Kecamatan Simokerto, Suwarno ketua RW 3 Kelurahan Tambak Rejo Kecamatan Simokerto, Ahmad Ansori Ketua RW 8 Kelurahan Tambak Rejo, Kecamatan Simokerto, Eko Hariyanto Ketua RW 9 Kelurahan Simokerto, Kecamatan Simokerto, Muhammad Malik , Mantan Ketua RW 2 Kelurahan Kalikedinding Kecamatan Kenjeran, Yatiman Ketua RW 5 Kelurahan Tanah Kali Kedinding Kecamatan Kenjeran dan Winarno ketua RW 9 kelurahan Petemon Kecamatan Sawahan.


Sementara 4 Ketua RT yang dihadirkan adalah Hariyanto, Ketua RT 04 RW 01 Kel Jagir Wonokromo, Kecamatan Wonokromo ,Suryanto ketua RT 12 RW 4 Kel Tanah Kali Kedinding Kecamatan Kenjeran, Samsul Arifin Ketua RT 04 RW 07 Kelurahan Bongkaran Kecamatan Pabean Cantikan dan Moch Achsan Ketua RT 09 RW 10 Kelurahan Bongkaran Kecamatan Pabean Cantikan.@_Rf/Oirul


 
muhajir.jpeg
Independence Koordinatberita.com.jpg

Koordinatberita.comberakta Notaris No: 27, PT. Sinar Katulistiwa Nusantara berbadan hukum siah terdaftar dalam Kementerian Hukum dan Ham RI, NomerAHU-0044771.AH.01.01. Tahun 2018 / Daftar Perseroan Nomer AHU-0124529.AH.01.11.Tahun 2018 Tanggal 21 September. 

Alamat redaksi: Jl. Bibis Tama, Surabaya Jawa Timur- Telpon: 087853787634 Email:khoirulfatma13@gmail.com- redaksikoordinatberita@gmail.com

PT. Sinar Katulistiwa Nusantara ( Pers

Keluarga Besar Koordinat Berita
  • Facebook
  • Twitter
  • LinkedIn