top of page
  • Gambar penulisR

Satu Tekat Dan Niat Positif, Insan Pers Surabaya Dirikan PWI Surabaya


Calon Cikal Bakal yang Membidani Lahirnya

PWI Surabaya

Koordinatberita.com,(Surabaya)- Acara koordinasi rapat dilakukan Insan Pers Surabaya dari berbagai media yang ada. Bahkan Nur Yousri Raja Agam, Dewan Pakar PWI Jatim, 15/12, Sabtu Sore, menghadiri rembug santai yang membahas rencana pembentukan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Surabaya.

Dalam kesempatan itu, Yousri yang juga Wartawan Koran DOR, Pos Surabaya dan Pemprov Jatim itu juga sempat memdeda Sejarah Berdirinya PWI di Indonesia. Pertemuan insan Pers Surabaya itu di lakukan Sabtu Sore, (15/12/18), di d'Bongkoel Jalan Raya Darmo 116, Surabaya.

Yousri juga menjelaskan, jika pendirian PWI di tingkat cabang atau di bawahnya hanya bisa dilakukan oleh insan pers yang sudah menjadi anggota PWI. Hal itu mengacu pada PD PRT Pasal 18.

"Sesuai dengan PD PRT Pasal 19 ayat 2, bahwa pendirian PWI Cabang bisa dilakukan minimal oleh 5 orang anggota PWI dan tidak berdomisili di ibukota propinsi", jelas Yousri pada insan pers yang hadir.

Namun demikian, sesuai dengan perkembangan, pertumbuhan media di era keterbukaan ini, memang harus ada terobosan yang dilakukan guna mengedukasi terutama insan pers.

Kegigihan insan pers atau jurnalis kota Surabaya, membentuk wadah dalam naungan PWI Jatim layak diapresiasi dan menjadi percontohan bagi kota lainya, tambah Yousri.

Sementara beberapa wartawan Surabaya yang hadir ada yang sempat mengatakan jika rencana pendirian PWI Surabaya, berniat membantu mengedukasi insan pers khususnya di Surabaya sekaligus meringankan, program kerja yang selama oleh PWI Jatim.

Insan Pers Surabaya yang hadir saat itu, berharap pertemuan itu menjadi embrio terbentuknya wadah PWI Surabaya dan menjadi kepanjangan tangan dan partner PWI Jatim guna melakukan edukasi menyeluruh termasuk perlindungan profesi jurnalistik di wilayah hukum Kota Surabaya.

Dari catatan daftar hadir terlihat, satu halaman penuh membubuhkan nama, media dan nomor telepon tercatat di meja moderator pertemuan. Termasuk, juga ada sedikitnya ada 7 wartawan senior yang memiliki KTA PWI Jatim. Pertemuann pertemuan kali ke dua. Pertemuan pertama dilakukan di Hotel I&M jalan Arjuna, Surabaya.

Sebagai tambahan, saat ini Kepala Biro Jawa Timur Kantor Berita ANTARA, Akhmad Munir, adalah penjabat PWI Jawa Timur. Beliau terpilih sebagai ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur periode 2016-2021 dengan meraup 136 dari 150 suara dalam Konferensi PWI Jawa Timur, di Surabaya.

Saat itu, sidang pemilihan dipimpin fungsionaris PWI Jawa Timur, Lutfil Hakim dan Machmud Suhermo. Dalam pemilihan itu Munir menyisihkan calon lain Eko Widodo dari media Arek TV Surabaya yang meraup 10 suara.

Dalam pengukuhannya, Mardiono selaku Ketua PWI Pusat dalam sambutan meminta agar ketua terpilih merangkul semua elemen media yang ada di Jatim, sehingga bisa menjadikan pekerja media yang lebih profesional.

Saat itu, Mardiono juga mengatakan, "Pers jangan merasa kuat sendirian tanpa organisasi, karena organisasi adalah tempat bernaung media, baik itu PWI, AJI atau IJTI, silakan industri pers untuk bergabung." jelasnya.

Yousri menambahkan, " Kami hanya menjembatani rekan-rekan wartawan yang muda, jangan sampai usulan positif ini tidak terealisasi. Justru dengan adanya wacana mendirikan PWI Surabaya dibawah naungan PWI Jatim, akan membuat kinerjanya lebih muda, sudah saatnya regenerasi kebawah. Kita dukung 100% Wacana PWI Surabaya ini," tutupnya.@_Koordinatberita.com


88 tampilan
Single Post: Blog_Single_Post_Widget
Recent Posts
Kami Arsip
bottom of page