top of page

Dr. Pandu: Kematian Covid-19 Lebih Besar dari Data Resmi


Koordinatberita.com| NASIONAL~ Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, mengatakan terjadi penambahan kasus baru pasien positif Corona pada 12 April 2020. "Sehingga total 6.248 kasus, 631 pasien sembuh, dan kematian menjadi 535 orang," kata Yurianto, Santu, 18 April 2020.


Sementara menurut, Dr. Pandu Riono, MPH,Ph.D., Pengajar statistik epidemiologi FKM UI memperkirakan kematian akibat Covid-19 lima kali lebih besar dari data resmi pemerintah. Hal ini seperti diberitakan koordinatberita.com yang dilangsir dari video narasi TV, 14 April 2020.


Pengajar statistik epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Pandu Riono, meminta Gugus Tugas Penanganan Covid-19 menekan angka kematian akibat virus Corona.


“Kalau kita bisa menekan tingkat kematian artinya kita meningkatkan kesembuhan. Jadi cukup indikatornya mati,” kata Pandu saat dihubungi pada Sabtu, 18 April 2020.


Menurut Pandu, angka kematian yang dilaporkan Gugus Tugas masih di bawah perkiraan. Jika membandingkan dengan data pemakaman yang PDP Covid-19, Pandu menyebut angka kematian sesungguhnya bisa 4-5 kali dari yang dilaporkan Gugus Tugas, di kutip dari pemberitaan Tempo.


Pandu mengatakan, angka kematian karena Covid-19 yang sesungguhnya masih belum diketahui lantaran tes yang masih terbatas. Staf senior di UI ini pun meminta agar tidak perlu memikirkan angka kesembuhan pasien.@_Koordinatberita.com

20 tampilan
Single Post: Blog_Single_Post_Widget
Recent Posts
Kami Arsip
bottom of page