top of page

Semi Lockdown Peradilan, PN Surabaya Terapkan Sidang Online


Koordinatberita.com| SURABAYA~ Semakin mewabahnya Covid-19 yang membagayakan di segala lapisan masysrakat. Untuk itu Pengadilan Negeri (PN) Surabaya telah melakukan upaya pencegahan dan penyebaran wabah Virus Corona (Covid-19). Namun kini, aktivitas dalam menjalani persidangan menggunakan sistem online atau Pengadilan Negeri (PN) Surabaya akan menjalani sidang online atau


Ketua Pengadilan Negeri (KPN), NurSyam melalui Humas Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Martin Ginting arahan ini dari rujukan Ketua Mahkamah Agung via SEMA No.1 Tahun 2020 serta surat dari Menkumham tentang persidangan online.


”Maka hari ini Kamis, 26 Maret 2020 telah dilaksanakan Rapat terbatas di Ruang Rapat lantai 6 PN Surabaya yang di hadiri oleh para pihak, diantaranya Kepala Rumah Tahanan (Ka. Rutan) Medaeng Surabaya, Kejaksaan Negeri Tanjung Perak Surabaya, dan Kejaksaan Negeri Surabaya, serta Ketua Pengadilan Negeri (KPN) Surabaya dan saya selaku Humas, maka sidang Teleconference akan diupayakan mulai pada Senin, 30 Maret 2020, dimana terdakwa tetap berada di rumah tahanan, sedangkan Jaksa, Saksi, Pengacaranya dan Hakim tetap ada di ruang sidang Pengadilan,"kata Ginting dalam pers rilisnya. Kamis, 26/03/2020.


Namun terkait hal ini Jaksa Penuntut Umum (JPU) dan KaRutan Medaeng Surabaya sepakat mewujudkan sidang online tersebut, terdakwa tanpa hadir di ruang sidang PN Surabaya. Hal ini merupakan kepedulian aparat penegak hukum untuk mencegah meluasnya wabah virus Corona.


Menurut KPN Surabaya, para tahanan sangat rentan dengan virus karena daya tahan tubuh mereka kurang vitamin karena pada umumnya para tahanan asupan gizi nya kurang, dan istirahatnya kurang baik.


Sehingga sangat rentan dan karena rata-rata Rutan di wilayah hukum PN Surabaya over kapasitas melebihi 300% , maka harus di perketat interaksi dengan pihak luar Rutan agar mereka tidak terpapar virus.


”Pelaksanaan sidang online akan kita amati pelaksanaannya dan bila ada yang kurang baik akan dievaluasi, yang penting tujuan kita adalah menyelamatkan masyarakat dari wabah,” papar Ginting melalui pers rilisnya.@_Oirul

33 tampilan
Single Post: Blog_Single_Post_Widget
Recent Posts
Kami Arsip
bottom of page