top of page

Harun Masiku Buronan KPK,di Kabarkan Telah Meninggal

“Boyamin MAKI: Yakini Meninggal”

Koordinatberita.com| NASIONAL~ Harun Masiku terduga menyuap eks komisioner KPU Wahyu Setiawan agar bisa menjadi anggota DPR lewat mekanisme pergantian antarwaktu. Nanun kini, sebuah kabar mengejutkan datang dari Harun Masiku, yang di kabarkan meninggal dunia... Apa benar?


Meski demikan, menurut Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Harun Masiku, eks caleg PDIP itu berstatus tersangka sekaligus buron kasus dugaan suap pergantian antar-waktu (PAW), masih dalam pencarian. Dan kabar terkait meninggal itu belum tentu benar.


Sementara Koordinator Masyarakat Anti Korupsi (MAKI) Boyamin Saiman meyakini Harun Masiku telah meninggal. Pernyataan tersebut diutarakan lantaran jejak Harun yang menghilang sejak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berusaha meringkusnya pada Januari 2020 lalu.

"Saya yakin KPK betul-betul tidak tahu keberadaan Harun Masiku karena memang sudah hilang karena meninggal. Tapi baru sebatas keyakinan, belum ada bukti valid," ucap Boyamin melalui pesan teks pada Senin, 4 Mei 2020.


Meski begitu, Bonyamin tetap akan membuat laporan orang hilang, seperti yang dilangsir Tempo, Menurutnya, Harun harus dinyatakan meninggal jika selama dua tahun atau sampai 2022 nanti, Harun tak kunjung muncul. Sebab, kepastian itu penting untuk status istri dan anak Harun.


"Terkait hak boleh menikah lagi bagi istrinya dan juga hak waris bagi istri dan anaknya. Juga penting bagi KPK untuk menghentikan penyidikan (SP3) dengan alasan tersangka telah meninggal dunia," kata Bonyamin.


Harun adalah salah satu tersangka suap yang menjadikan mantan Komisioner KPU Wahyu Setiawan pesakitan. Harun disangka menyuap Wahyu sebesar Rp 600 juta dari Rp 900 juta yang dijanjikan agar bisa menjadi anggota DPR lewat mekanisme pergantian antarwaktu.


Sedangkan, Tim KPK melakukan operasi tangkap tangan kasus itu pada Rabu, 8 Januari 2020. Namun, hingga saat ini KPK belum juga menangkap Harun. Pada kutipan Tribun, Pimpinan KPK Lili Pintauli Siregar menegaskan, pihaknya belum memiliki bukti kuat atas asumsi tersebut.


"Dalam bekerja sepanjang belum dapat dibuktikan (kematian Harun Masiku), maka KPK yakin mampu menemukan yang bersangkutan," kata Lili saat dihubungi, Kamis (23/4/2020), lalu.@_Koordinatberita.com

25 tampilan
Single Post: Blog_Single_Post_Widget
Recent Posts
Kami Arsip
bottom of page