Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • Redaksi koordinatberita.com

Pelindo III Jadikan Pelabuhan Pintu Logistik Energi


Koordinatberita.com, (Surabaya)- Potensi pelabuhan dengan sejumlah utilitas yang dimilikinya, diyakini bisa menjadi pintu distribusi logistik energi nasional. Hal ini mendorong PT Pelabuhan Indonesia III (Persero)/Pelindo III mengoptimalkan utilisasi pelabuhan yang dikelolanya melalui sinergi dengan PT Pertamina (Persero).

“Dengan bersinergi mengoperasikan sumber daya yang dimiliki secara bersama, sehingga efisien, menggarap potensi bisnis bersama. Tapi yang terpenting adalah berkembang bersama dan hadir untuk membangun negeri,” tandas kata Direktur Utama (Dirut) PT Pelindo III, Doso Agung usai menerima Direktur Manajemen Aset Pertamina M. Haryo Yunianto di Kantor Pusat Pelindo III, Surabaya, Rabu (14/11/2018).

Menurut Doso, sinergi energi yang digagas dua BUMN tersebut, akan mengemban tugas besar menjaga ketahanan energi nasional. Garapan potensi bisnis yang dinilai mampu mencegah konflik kepentingan masing-masing ini, sangat strategis dan berdampak manfaat. “Baik secara skala maupun potensi manfaatnya sangat besa. Alhasil, selain dirasakan oleh masyarakat sebagai konsumen akhir, juga para pengguna jasa Pelindo III dan Pertamina sendiri,” tuturnya.

Sementara, M. Haryo Yunianto menjelaskan, kerja sama yang digarap akan dimulai pada utilisasi aset. Dengan fokus pada utilisasi aset, maka sinergi energi ini menjadi lebih konkret, karena memiliki pola pengembangan yang jelas. “Termasuk juga fokus pada spesiliasi masing-masing, Pertamina dari sisi energi dan Pelindo III dari sisi kepelabuhanan,” ulasnya.

Meski pengusahaan bisnisnya berbeda, namun, lanjut Haryo, kedua korporasi pelat merah tersebut memiliki beberapa kesamaan di lini bisnis. Kesamaannya, mulai dari sisi aset logistik di pelabuhan, layanan pemanduan kapal, dan layanan energi. “Sampai dengan anak usaha Pertamina yang juga memiliki izin Badan Usaha Pelabuhan (BUP),” ingatnya.

Pada kesempatan sama, Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis Pelindo III, Toto Nugroho memaparkan, beberapa strategi sinergi yang dapat segera dikerjakan. Ia mengatakan, optimalisasi fasilitas pelabuhan dan lahan Pelindo III di Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap untuk mendukung peningkatan produksi avtur.

“Kemudian kerja sama pengoperasian layanan penundaaan kapal di sejumlah pelabuhan, seperti di Tanjung Wangi Banyuwangi, Tanjung Intan Cilacap, Kotabaru, dan Tuban. Pengoperasian bersama ini akan bermanfaat pada efisiensi pola operasi dan meningkatkan ketersediaan layanan pada pengguna jasa,” urai Toto.

Hal serupa juga diutarakan VP Corporate Communication Pelindo III R. Suryo Khasabu. Menurut lelaki berkacamata ini, rencana kerja sama tersebut merupakan lanjutan dari jalinan sejumlah kerja sama antarlini bisnis Pelindo III dan Pertamina. “Seperti Pertagas Niaga yang sudah menyuplai bahan bakar gas di Terminal Teluk Lamong yang berkonsep ramah lingkungan,” kata Suryo.

Begitu juga dengan PGN yang telah mensuplai gas ke JIIPE melalui Lamong Energi Indonesia. Nantinya kerja sama yang akan dibangun, skalanya lebih besar. “Baik secara bisnis maupun manfaatnya untuk mendukung ketahanan energi nasional,” tutupnya.@-Oirul.


8 tampilan

Koordinatberita.com

Lebih dari sekadar media digital, yang berafiliasi berita online, cetak, elektrnik, Tv atau kantor pemberitaan oleh swasta. koordinatberita.commengusung platform kolaboratif dan interaktif yang dibangun melalui inovasi, teknologi dan bukan media yang mengintervensi, tapi kritik cerdas. koordinatberita.com menjunjung tinggi kredibilitas, memegang teguh etika jurnalisme.

 

Koordinatberita.com berakta Notaris No: 27, PT. Sinar Katulistiwa Nusantara berbadan hukum siah terdaftar dalam Kementerian Hukum dan Ham RI, NomerAHU-0044771.AH.01.01. Tahun 2018 / Daftar Perseroan Nomer AHU-0124529.AH.01.11.Tahun 2018 Tanggal 21 September. 

  • Facebook
  • Twitter
  • LinkedIn

©2018 BY KOORDINAT BERITA. PT Sinar Katulistiwa Nusantara (