Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • R

Sopir Truk Akui Tol Trans Jawa Mahal, Tapi Hemat Waktu Perjalanan


Koordinatberita.com,(Surabaya)- Kehadiran Tol Trans Jawa diakui membuat waktu tempuh menjadi lebih cepat. Kendala biaya masih menjadi ganjalan bagi sebagian sopir truk. Menghemat waktu tempuh, dan memperlancar pengiriman logistik. Demikian setidaknya opini para pengguna Jalan Tol Trans Jawa yang berhasil dirangkum, terutama bagi sopir truk yang memang kesehariannya melintasi jalur yang menghubungkan Jakarta hingga Surabaya tersebut. 

Ilustarasi: Tol Trans Jawa ruas. Pasuruan-Malang Jamil misalnya, pria asal Surabaya yang berprofesi sebagai sopir truk tersebut mengaku gembira dengan keberadaan Tol Trans Jawa, tak lain lantaran waktu tempuh pekerjaannya menjadi lebih cepat dibanding melintasi jalur biasa. 

Para Pekerja Sopir Dan Pengurs Sedang Kongko-Kongko di Kedai Kopi.

“Bagus, meringankan beban sopir," kata Didit, saat dijumpai Koordinatberita.com, di Rest Area penumpukan Petikemas Osowilangon, Surabaya. Jum’at (1/2). 

Selain itu, Jamil juga berharap agar perusahaan tempatnya bekerja dapat menambah uang jalan agar dapat selalu melintasi Tol Trans Jawa. "Kalau uang jalan yang diberikan oleh pihak perusahaan, saya mau. Karena lumayan menghemat waktu. Lebih enak ketimbang lewat pinggir atau jalur biasa," tuturnya. Kendala biaya mungkin masih menjadi ganjalan bagi sebagian sopir truk. Namun, dibalik harga yang dibayar, tentunya ada banyak keuntungan tersendiri yang bisa didapatkan. Hal itu diungkapkan oleh Didit, pria yang biasa mengantar logistik dari Surabaya ke Jawa Timur bagian Timur, khususnya Pasuruhan dan Banyuwangi tersebut, mengakui keberadaan Tol Trans Jawa merupakan hal yang baik bagi kalangan pengemudi truk.

"Tol itu jelas bagus terlebih untuk truk, kemacetan berkurang, waktu lebih cepat. Meski tol itu mahal, tetapi lebih cepat dan efektif," ujar Didit dan Jamil saat dijumpai Koordinatberita.com di lokasi yang sama. Jika dua pengemudi sebelumnya bicara soal kecepatan, sopir truk bernama Joko lebih memperhatikan faktor kenyamanan. Kehadiran Tol Trans Jawa dinilai menambahkan opsi bagi pengemudi terkait kenyamanan dalam berkendara. "Pasalnya, mengemudi sepanjang hari ditambah bobot kendaraan yang begitu berat, membuat sopir perlu memiliki opsi jalan yang memudahkan dalam mengemudikan kendaraan," kata Adi. Dibalik nyamannya berkendara di sepanjang jalur Tol Trans Jawa, Adi menyayangkan beberapa kekurangan yang ada di jalur tersebut. Masih kurangnya tempat peristirahatan atau rest area bagi pengemudi, menjadi salah satu keluhan utama. Padahal, kata Adi, dengan panjangnya perjalanan yang ditempuh, sopir truk sangat membutuhkan tempat peristirahatan yang cukup untuk sekedar menghilangkan penat, mengisi bahan bakar atau melakukan perawatan ringan terhadap kendaraannya. Tol Trans Jawa sendiri telah beroperasi secara penuh pada 20 Desember 2018 yang lalu, dan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Tol ini, sebagian besar dikelola oleh perusahaan pelat merah, Jasa Marga, memiliki panjang 584 kilometer (km). Tol Trans Jawa kendatinya akan tersambung dari Merak hingga Banyuwangi, namun saat ini baru tersambung sampai Grati.@_Oirul.


39 tampilan

Koordinatberita.com

Lebih dari sekadar media digital, yang berafiliasi berita online, cetak, elektrnik, Tv atau kantor pemberitaan oleh swasta. koordinatberita.commengusung platform kolaboratif dan interaktif yang dibangun melalui inovasi, teknologi dan bukan media yang mengintervensi, tapi kritik cerdas. koordinatberita.com menjunjung tinggi kredibilitas, memegang teguh etika jurnalisme.

 

Koordinatberita.com berakta Notaris No: 27, PT. Sinar Katulistiwa Nusantara berbadan hukum siah terdaftar dalam Kementerian Hukum dan Ham RI, NomerAHU-0044771.AH.01.01. Tahun 2018 / Daftar Perseroan Nomer AHU-0124529.AH.01.11.Tahun 2018 Tanggal 21 September. 

  • Facebook
  • Twitter
  • LinkedIn

©2018 BY KOORDINAT BERITA. PT Sinar Katulistiwa Nusantara (