top of page
  • Gambar penulisR

Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya Potensi Sebagai Pusat Distribusi Kertas Di Indonesia


Koordinatberita.com,(Surabaya)– Kesiapan fasilitas pergudangan dan lahan yang dimiliki Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya berpotensi untuk dimanfaatkan sebagai pusat distribusi kertas di Indonesia. Penilaian terhadap peluang tersebut telah dijajaki dalam sebuah diskusi antara dua perusahaan besar di bidang jasa berbeda.

“Secara geografis strategis, Tanjung Perak berpeluang menjadi hub distribusi. Bukan hanya domestik, melainkan juga potensial untuk mendukung ekspansi pasar produsen kertas dan pulp raksasa,” ulas Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis Pelindo III, Toto Nugroho, di sela diskusi bisnis antara Pelindo III dan grup usaha Sinar Mas di Surabaya, Senin (4/3/2019). Dikatakan, potensi kerja sama dengan grup usaha Sinar Mas tersebut sangat baik. Alasannya, selain pemanfaatan fasilitas pergudangan dan lahan, di Tanjung Perak juga terdapat PT Berkah Multi Cargo (BMC), sebuah lini bisnis Pelindo III yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa logistik. 

“Kami optimis, karena Sinar Mas sebagai pemain besar di industri kertas dan pulp sudah memiliki ceruk pasar tersendiri yang stabil. Sinar Mas juga memiliki segmen bisnis lain yang juga potensial untuk menggunakan jasa logistik Pelindo III, yakni agribisnis, pangan, dan infrastruktur,” paparnya. Ditambahkan, peluang kerja sama lain yang akan dijajaki kedua perusahaan tersebut adalah pemanfaatan layanan peti kemas di Pelabuhan Tanjung Perak, pemasaran biodiesel di Bali, jasa bongkar muat antarkapal di perairan Satui, serta pelayanan kapal pandu dan tunda di Selat Lombok. “Setelah (Pelindo III, red) dengan Pertamina untuk pelayanan kapal pandu dan tunda di pelabuhan, kami juga mendiskusikan kemungkinan joint operation untuk layanan yang sama dengan swasta, yakni Sinar Mas Group,” jelas Toto. Diungkapkan, Pelindo III proaktif dalam mendorong sinergi pelayanan kapal dengan operator-operator pelabuhan di Indonesia, baik BUMN maupun swasta. Karena integrasi pemanfaatan infrastruktur dan layanan di pelabuhan merupakan bentuk dukungan yang riil pada upaya pemerintah dalam menekan biaya logistik di Indonesia yang merupakan negara kepulauan. “Kami menyambut baik adanya diskusi bisnis yang digagas BUMN seperti Pelindo III ini,” aku Perwakilan dari Sinar Mas, Group Supply Chain Director, Antonius Maryanto. Menurutnya, sesama pelaku bisnis, baik dari pemerintah BUMN maupun swasta, sebaiknya sering berdiskusi secara langsung, dan tidak sekadar berkomunikasi saat muncul kendala di lapangan. Antonius mengatakan, dikusi ini merupakan momen networking dan evaluasi kerja sama yang sudah ada. “Semoga, ke depan ada satu pandangan untuk terobosan bisnis yang dikerjakan bersama,” sambutnya. Sinar Mas sudah menjadi salah satu pengguna jasa Pelindo III untuk jasa bongkar muat curah cair dan lahan penumpukan untuk komoditas CPO (minyak kelapa sawit), di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Sementara, Sekretaris Perusahaan (Sekper) Pelindo III, Faruq Hidayat berharap, sinergi yang harmonis antara Pemerintah melalui BUMN Pelindo III dengan Sinar Mas sebagai perusahaan swasta nasional pada beberapa sektor penting. “Seperti, logistik energi dan pangan, serta maritim yang dapat memberikan kontribusi positif pada perekonomian bangsa,” katanya.@_MS/Oirul


28 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
Single Post: Blog_Single_Post_Widget
Recent Posts
Kami Arsip
bottom of page