top of page

Belajar Sampai Negeri Cina, Kapolda Jatim Jadi Wisudawan Terbaik S3 Unair


KOORDINATBERITA.COM| Surabaya - Jabatan dan usia bukanlah penghalang untuk belajar. Ungkapan tersebut cocok disematkan kepada Dr Irjen Pol Toni Harmanto yang berhasil menyelesaikan jenjang S3 di Universitas Airlangga (Unair), bahkan dinobatkan jadi wisudawan terbaik.


Tidak tanggung-tanggung, capaian studi Dr Irjen Pol Toni Harmanto tersebut diraih saat dirinya sedang menjabat sebagai Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Timur.


Ia mengatakan bahwa semangat belajarnya didasarkan pada hadits nabi, yang menyuruh umat Islam untuk 'belajar sampai negeri Cina'.


"Dari hadits Nabi tadi menyemangati saya untuk terus bisa menempuh pendidikan hingga selesai," ucap Irjen Pol Toni dikutip dari laman resmi Unair.


Kapolda Jatim juga mengungkapkan rasa syukurnya. Karena menurutnya, tidak semua orang berkesempatan menjadi wisudawan terbaik.


Ia mengatakan, kesempatan untuk mengenyam pendidikan formal dan menjadi wisudawan terbaik adalah suatu kehormatan.


"Kesempatan ini tidak mungkin bisa berulang. Mungkin tidak juga bisa diraih oleh orang-orang tertentu. Pendidikan formal ini menjadi suatu kebanggaan bagi saya sendiri," imbuhnya.


Irjen Pol Toni sendiri baru ditunjuk sebagai Kapolda Jatim pada Oktober 2022 lalu. Sebelumnya, ia menjabat Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) sejak Agustus 2021.


Meski jabatan tinggi melekat pada dirinya, tetapi saat menjalani perkuliahan, ia tidak ingin kolega dan dosen-dosennya mengetahui bahwa dirinya adalah seorang Kapolda.


"Saya ingin melepas semua atribut-atribut jabatan saya di perkuliahan. Sehingga dosen dan rekan-rekan saya tidak tahu saya ini Kapolda. Sehingga respect yang mereka timbulkan bukan karena jabatan dan posisi saya, tapi karena karakter saya sendiri sebagai mahasiswa biasa," ungkap alumnus Akademi Kepolisian (Akpol) angkatan 1988 itu.


Dalam menjalani kuliah di program studi S3 Ilmu Hukum Fakultas Hukum Unair, tentu bukan hal yang mudah.


Terlebih, Irjen Pol Toni harus pandai membagi waktu antara kuliah dan menjalankan tanggung jawab sebagai Kapolda Jatim.


Tak jarang, ia tidak bisa meninggalkan tugas sebagai Kapolda. Meski demikian, ia tetap harus hadir dalam perkuliahan.


"Tepat waktu dalam menyelesaikan perkuliahan ini juga menjadi suatu tantangan tersendiri. Dan saya rasakan memang berat," ucapnya.


Meski tidak mudah, namun dengan semangat dan kemauan tinggi, Irjen Pol Toni membuktikan bisa menyelesaikan studi bahkan menjadi wisudawan terbaik.


Ia berpesan kepada mahasiswa Unair untuk terus berjuang menyelesaikan studinya. Ia juga memberi contoh bahwa orang yang bekerja sambil berkuliah seperti dirinya, harus bisa menjadi semangat bagi mereka yang belum terjun ke dunia kerja.


"Terus berjibakulah untuk bisa menyelesaikan pendidikan," tutup Kapolda Jatim tersebut.@_Oirul

19 tampilan
Single Post: Blog_Single_Post_Widget
Recent Posts
Kami Arsip
bottom of page