top of page

BPBD lakukan Rehabilitasi & Rekonstruksi Pasca Luapan Lahar Dingin Semeru


Advetorial BPBD Jawa Timur

 

Koordinatberita.com| REGIONAL~ Hasil Pengamatan BPBD Provinsi Jatim yang dilakukan Erwin Indra Widjaja, SE, MAP Sekretaris BPBD Jatim, mewakili Plt. Kalaksa BPBD Jatim. Pada Rabu (3/3/2021) lalu, kondisi DAS Lahar Dingin yang melintasi wilayah Kajar Kuning, Bondeli, Kampung Renteng dan Kamarkajang terlihat rusak parah.


Kerusakan bertambah pasca banjir luapan pada 28 Pebruari 2021 lalu. Upaya pencegahan sedang dilakukan, diantaranya rehabiltasi dan rekonstruksi tanggul DAS yang rusak tergerus aliran lahar dingin yang dibiayai dari BTT Provinsi Jawa Timur. Dan enanganan ditargetkan selesai akhir maret tahun ini.

Selain itu didapati adanya kerusakan tangkis/tanggul Geladak Perak dengan hanya menyisakan tangkis setinggi kurang lebih 1

meter. Hal ini sangat riskan apabila dilakukan pembiaran, akan mengakibatkan kerusakan pada jembatan penghubung antara Lumajang-Malang-Geladak Perak, Sumber Wuluh Kecamatan Candipuro.


Sementara Erwin Indra Widjaja

S.E. M.AP menambahkan yakni terkait wilayah sungai yang teraliri oleh lahar dingin semeru akan dilakukan perbaikan.


“ Perbaikan ini, seperti pelengsengan-pelengsengan dan tangkis yang dialiri oleh lahar dingin”


Hal ini, BPBD Jawa Timur dalam upaya penaganan DAS yang rusak para sebagai laporan kepada Gubernur Jawa Timu. “ Bahwa akan berkoordinasi dengan pihak terkait yang bertanggung jawab langsung. Dalam hal ini OPD yang mempunyai kewenangan khusus yang menangani DAS di wilaya ini.

Turut mendampingi Kalaksa BPBD Kab. Lumajang Indra W. Lesmana Kabid PK BPBD Lumajang, Kasubag Keuangan BPBD jatim Suharlina, serta Kades Sumber Wuluh Abdul Aziz.@_Adm

27 tampilan
Single Post: Blog_Single_Post_Widget
Recent Posts
Kami Arsip
bottom of page