top of page

Dinas Kelautan dan Perikanan Provisni Jawa timur, Gelar Temu Bisisnis & forum Investasi

”Akselerasi Peluang investasi Sektor 5 Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur”

Prospek inventasi lainnya adalah usaha garam rakyat yang juga memiliki peluang investasi yang sangat besar dan menguntungkan bagi masyarakat.
Prospek inventasi lainnya adalah usaha garam rakyat yang juga memiliki peluang investasi yang sangat besar dan menguntungkan bagi masyarakat.

KOORDINATBERITA.COM| Dinas Perikanan dan Kelautan Provisni Jawa timur, gelar temu bisnis dan forum investasi” dengan tema “akselerasi peluang investasi sektor 5 kelautan dan perikanan provinsi Jawa Timur” pada hari kamis 8 Desember 2022. Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan hari ikan nasional (Harkannas) ke 9 tahun 2022.


Provinsi Jawa Timur merupakan salah satu provinsi yang memiliki potensi kelautan dan perikanan cukup besar, dengan luas laut 126.672 km2 dan panjang garis pantai 3.498,12 km yang menjadi peluang bisnis dan investasi di provinsi jawa timur. Salah satu peluang bisnis dan investasi yang dapat dieksplor adalah dari sektor kelautan dan perikanan diantaranya rumput laut, garam, tuna dan ikan hias.


Pada kesempatan ini diharapkan kegiatan temu bisnis dan investasi sebagai forum 6 atau wadah bagi pemangku kepentingan dalam menarik minat investasi dan pengembangan usaha di sektor kelautan dan perikanan potensi lahan budidaya rumput laut di jawa timur kurang lebih 219.343 ha, dan baru termanfaatkan kurang lebih 144.190 ha, sehingga peluang investasi budidaya rumput laut masih bisa ditingkatkan dan memiliki potensi usaha kelautan dan perikanan yang sangat menjanjikan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat pesisir, penyerapan tenaga kerja dan meningkatkan devisa negara.


Prospek inventasi lainnya adalah usaha garam rakyat yang juga memiliki peluang investasi yang sangat besar dan menguntungkan bagi masyarakat.


Usaha garam rakyat Jawa Timur tersebar di 13 kabupaten/kota dengan luas tambak garam 7.831 ha yang didominasi di wilayah pulau Madura mencapai 75% lahan tambak garam. Sehingga masih bisa dikembangkan lahan tambak garam di Jawa Timur dengan meningkatkan produktivitas garam rakyat dan teknologi pengolahan garam rakyat menjadi garam industri.


Potensi kelautan dan perikanan lainnya yang dapat dikembangkan bagi pelaku usaha adalah ikan hias dan komditas ikan tuna yang banyak dijumpai perairan selatan jawa timur.


Pengembangan usaha kelautan dan perikanan, dilakukan pada kelompok pengolah dan pemasar (poklahsar) di lingkungan pondok pesantren melalui 8 kegiatan pembinaan dan pendampingan guna terwujudnya kemitraan pelaku usaha umkm di lingkungan pondok pesantren, dengan tujuan terjalin kerjasama dalam meningkatkan usaha dan investasi sektor kelautan dan perikanan. Pada kesempatan kali ini, salah satu agenda kegiatan temu bisnis dan forum investasi adalah penandatanganan kemitraan antara kelompok pelaku usaha pengolahan dan pemasaran (poklahsar) dengan investor/calon mitra diantaranya dengan pondok pesantren.


Dalam rangka optimis Jatim bangkit melalui upaya pengendalian inflasi dan pemulihan ekonomi berkelanjutan maka perluasan akses 9 pembiayaan untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi di Jawa Timur di masa pandemi, maka pemerintah telah mengeluarkan kebijakan terkait penyaluran pembiayaan akses permodalan dan pemberian program relaksasi dan restrukturisasi kredit usaha rakyat (kur) yang disalurkan melalui bank pelaksana sesuai dengan peraturan gubernur provinsi jawa timur nomor 37 tahun 2020 tentang pedoman umum pengelolaan dana bergulir Provinsi Jawa Timur. Bank yang tergabung dalam penyaluran pembiayaan ini untuk pemulihan ekonomi jawa timur adalah himpunan bank-bank milik negara (himbara) dan bank milik daerah (bumd) yang sangat berperan strategis. Sebagai bentuk upaya dalam percepatan akses permodalan dinas kelautan dan perikanan provinsi jawa.


Dengan memperkuat sinergitas pusat dan daerah dalam percepatan akses pembiayaan usaha melalui pembentukan pokja untuk fasilitasi pembiayaan usaha sektor kelautan dan perikanan provinsi jawa timur, dengan anggota dinas perikanan kabupaten/ kota dan lembaga keuangan yang didukung oleh tenaga pendamping usaha (tpu).


Adapun fasilitasi akses permodalan yang telah disalurkan melalui program penyaluran pembiayaan tahun 2022 sampai dengan bulan oktober sebanyak 52 debitur dengan total nilai sebesar rp 3,6 milyar.@_Adm

4 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua

コメント

5つ星のうち0と評価されています。
まだ評価がありません

評価を追加
Single Post: Blog_Single_Post_Widget
Recent Posts