top of page

Kasus Narkoba Irjen Teddy Minahasa, Ayah dan Istri AKBP Doddy Diperiksa


Kuasa hukum Dody, Adriel Viari Purba, mengatakan pemeriksaan ini berlangsung pada Selasa (6/12/2022). Ayah Dody, Irjen (Purn) Maman Supratman, dan istri Dody, Rahma, diperiksa sebagai saksi.
Kuasa hukum Dody, Adriel Viari Purba, mengatakan pemeriksaan ini berlangsung pada Selasa (6/12/2022). Ayah Dody, Irjen (Purn) Maman Supratman, dan istri Dody, Rahma, diperiksa sebagai saksi.

KOORDINATBERITA.COM| Jakarta - Kasus terkait penjualan sabu 5 kg yang menjerat Irjen Teddy Minahasa dan AKBP Dody Prawiranegara terus berjalan. Kali ini giliran ayah dan istri Dody diperiksa penyidik Ditresnarkoba Polda Metro Jaya.


Kuasa hukum Dody, Adriel Viari Purba, mengatakan pemeriksaan ini berlangsung pada Selasa (6/12/2022). Ayah Dody, Irjen (Purn) Maman Supratman, dan istri Dody, Rahma, diperiksa sebagai saksi.


Adriel mengatakan ikut mendampingi pemeriksaan. Ayah dan istri Doddy disebut menyampaikan terkait intervensi yang diterima dari pihak Teddy Minahasa.


"Saya ikut mendampingi dan mendengarkan keterangan Pak Maman kemarin di Polda Metro. Pak Maman mengaku diintervensi Pak TM yang juga tersangka dalam perkara ini," ujar Adriel dalam keterangan tertulis, Rabu (7/12/2022).


Adriel memastikan seluruh keterangan dan intervensi dari Teddy Minahasa akan terbuka dalam persidangan. Salah satu intervensi yang disampaikan yaitu adanya keinginan menjadikan Samsul Arif sebagai kambing hitam untuk menyelamatkan Teddy Minahasa.


"Intervensi itu antara lain Pak TM ingin menjadikan Samsul Arif sebagai kambing hitam dalam kasus ini," kata Adriel.


"Kemudian, Pak TM juga menyampaikan skenario bila Dody ikut kubu TM dan membuang semua perkara ini ke Arif serta Linda, maka mereka (TM dan Dody) selamat," sambungnya.


Pihak Teddy Minahasa Bantah Telepon Ayah Doddy


Sebelumnya, pihak Teddy Minahasa telah membantah menelepon ayah Doddy.


"Alah... nggak benar itu, nggak ada," kata pengacara Irjen Teddy Minahasa, Hotman Paris, saat dihubungi, Sabtu (19/11/2022).


Hotman mengatakan hal tersebut hanyalah alasan Doddy untuk membela diri. Padahal, menurut Hotman, dalam kasus ini Doddy-lah yang terus menyimpan sabu. Hal ini disebut lantaran barang bukti ditemukan di rumah Doddy.


"Ditemukan di rumah dia, penangkapan di Bukittinggi, dia yang nyimpan di kantor Kapolres, penangkapan di Jakarta pun di rumah dia," kata Hotman.


"Jadi gimana justice collaborator kayak gitu, yang menguasai barang dia terus-menerus. Kalau hanya dia ngaku-ngaku ada telepon, ada telepon, itu alibi itu," sambungnya.


Irjen Teddy Minahasa Tersangka


Diketahui sebelumnya, Irjen Teddy Minahasa ditetapkan sebagai tersangka kasus narkoba. Penetapan tersangka sudah berdasarkan gelar perkara.


"Tadi malam kami sudah melakukan pemeriksaan terhadap Bapak TM sebagai saksi. Tadi siang kita sudah gelar perkara dengan Dir 4 Bareskrim Polri, Irwasda, Kadiv Propam, dan Ditkum," ucap Direktur Narkoba Polda Metro Jaya Kombes Mukti Juharsa dalam jumpa pers di Mapolres Jakarta Pusat, Jumat (14/10).


Keterlibatan Irjen Teddy Minaha ini mengemuka setelah Ditnarkoba Polda Metro Jaya menangkap AKBP D dan wanita berinisial L.


"Dari keterangan D dan L menyebutkan adanya keterlibatan Irjen Pol TM, Kapolda Sumbar, sebagai penggali BB 5 kg sabu dari Sumbar, di mana telah menjadi 3,3 kg sabu yang diamankan dan 1,7 kg sabu yang sudah dijual oleh Saudara BG, yang telah kita amankan, diedarkan di Kampung Bahari," ujar Mukti.


Selain Teddy, ada anggota kepolisian yang menjadi tersangka dalam kasus ini, di antaranya:


1. Aipda AD, anggota Satresnarkoba Polres Jakbar


2. Kompol KS, Kapolsek Kali Baru Polres Pelabuhan Tanjung Priok


3. Aiptu J, anggota Polres Pelabuhan Tanjung Priok


4. AKBP Doddy Prawira Negara, Kabagada Rolog Sumbar, mantan Kapolres Bukittinggi Polda Sumbar


Dalam kasus ini, selain empat polisi tersebut di atas, ada enam tersangka warga sipil. Satu di antaranya perempuan berinisial L atau Linda.@_Redaksi

4 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments

Rated 0 out of 5 stars.
No ratings yet

Add a rating
Single Post: Blog_Single_Post_Widget
Recent Posts