top of page

Kepada 3 Capres, Mantan Ketua Dewan Pers, Profesor Bagir Manan : Independensi atau Kebebasan Pers itu Bertalian dengan Demokrasi, Khususnya Bertalian dengan Kebebasan, Freedom


KOORDINATBERITA.COM| Jakarta - Mantan Ketua Dewan Pers, Profesor Bagir Manan, mengingatkan kepada seluruh calon presiden (capres) untuk menjalankan beberapa hal terkait dengan kebebasan pers demi kejayaan bangsa Indonesia.


Hal itu disampaikan langsung Bagir Manan dalam acara "Deklarasi dan Penandatanganan Capres-cawapres tentang Kebebasan Pers" yang diselenggarakan Dewan Pers di Gedung Dewan Pers, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Sabtu malam (10/2).


Mantan Ketua Mahkamah Agung (MA) ini merasa puas mendengar kesanggupan dan komitmen para capres untuk menjunjung dan berusaha agar kebebasan pers memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi kehidupan bangsa, dan seluruh aspek kehidupan.


"Terima kasih sekali atas komitmen yang luar biasa itu. Namun, izinkan saya menyampaikan catatan kecil sekali, ketika bapak-bapak bicara tentang bahwa, independensi atau kebebasan pers itu bertalian dengan demokrasi, khususnya bertalian dengan kebebasan, freedom," kata Prof Bagir.


Dia menjelaskan, kebebasan bisa juga menimbulkan masalah, bahkan menghasilkan sesuatu yang tidak diharapkan. Untuk itu, Prof Bagir menyampaikan beberapa hal yang perlu diingat agar kebebasan betul-betul memberikan kemanfaatan untuk semuanya.


"Yaitu harus disertai dengan egality, equality. Tapi tentu saja pengertian kita tentang egality tidak sekadar serbasama, melainkan kesanggupan juga dari bapak-bapak semua untuk kita bersikap yang sama kita perlakukan sama, yang tidak sama kita perlakukan tidak sama, demi keadilan," terang Bagir.


Selanjutnya, agar menjamin kebebasan pers lebih sukses lagi, maka diperlukan asas persaudaraan.


"Kita harus berlaku sebagai saudara satu sama lain. Dengan cara itu, maka kita akan selalu berperilaku jujur terhadap diri kita dan terhadap bangsa kita. Kita akan berlaku bersikap solider terus segala yang terjadi di masyarakat kita," terangnya.


"Barangkali itu catatan kecil saya, mudah-mudahan dapat bermanfaat dalam menguatkan komitmen bapak, dan menguatkan keterikatan bapak-bapak untuk menjunjung tinggi kemerdekaan pers. Tidak hanya demi kemerdekaan pers, tapi untuk kejayaan bangsa kita," pungkas Bagir.


Acara ini turut dihadiri perwakilan Kapolri, perwakilan Panglima TNI, konstituen Dewan Pers, KPU, Bawaslu, dan lainnya.


Adapun capres yang hadir langsung hanya Anies Baswedan. Sedangkan capres nomor urut 2, Prabowo Subianto, tidak bisa hadir dan diwakili oleh Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Rosan Roeslani. Sementara capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo, mengikuti acara melalui zoom karena masih berada di Semarang, Jawa Tengah.@_Network

5 tampilan
Single Post: Blog_Single_Post_Widget
Recent Posts