Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • Redaksi koordinatberita.com

4 ‘Sampah` Buah & Sayuran Ini Kaya Manfaat, Jangan Dibuang!


4 ‘Sampah' Buah dan Sayuran Ini Memiliki Manfaat Kesehatan

Kalau kamu membuang kulit atau biji buah dan sayur tertentu, berarti kamu telah menyia-nyiakan kandungan manfaat kesehatan di baliknya.

Koordinatberita.com - Kaya akan vitamin dan nutrisi, buah serta sayur sangat bagus dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Tetapi, banyak dari kita yang membuang sebagian 'sampah' buah dan sayur, terutama kulit atau bijinya.

Padahal, kulit atau biji buah dan sayur tertentu ternyata punya kandungan yang bermanfaat. Lapisan luar atau kulit buah-buahan dan sayuran berisi fitokimia bergizi seperti karotenoid yang membantu mengurangi risiko penyakit berat seperti kanker.

Berikut tujuh buah dan sayuran yang sisa kulit dan bijinya dapat kamu konsumsi:

1. Semangka, 2. Strawberry, 3. Jagung, 4. Lemon

4 ‘Sampah' Buah dan Sayuran Ini Memiliki Manfaat Kesehatan

Seperti yang kita semua ketahui, buah-buahan dan sayuran sangat kaya akan nutrisi penting, yang bagus untuk kesehatan tubuh. Tapi tahukah Anda bahwa sisa kulit dari sayur dan buah-buahan yang sering orang menganggapnya sampah ternyata juga memiliki kandungan gizi tersendiri, yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Umumnya orang-orang kurang memedulikan hal ini dan langsung membuangnya begitu saja.

Faktanya, lapisan luar (kulit) buah-buahan dan sayuran juga berisi fitokimia bergizi, seperti karotenoid, yang membantu dalam mengurangi risiko penyakit, seperti jenis kanker tertentu dan masalah mata. Dengan membuang sisa-sisa makanan tersebut, berarti Anda juga telah menyia-nyiakan kandungan manfaat kesehatan di baliknya. Lebih lanjut, berikut ini beberapa sisa makanan dari buah dan sayuran yang memiliki manfaat kesehatan jika dikonsumsi.

1. Biji dan Kulit Semangka

Tahukah anda bahwa biji semangka ternyata kaya akan protein, vitamin B dan sejumlah mikronutrien seperti kalium dan zink yang dapat membantu dalam meningkatkan kesehatan jantung dan kekebalan tubuh serta menjaga kadar gula darah tetap normal. Biji-biji tersebut dapat dikonsumsi secara langsung ataupun diekstrak menjadi minyak khusus yang baik untuk kesehatan kulit dan rambut. Sementara bagian kulitnya mengandung asam amino yang berkhasiat melebarkan dan melancarkan sirkulasi darah. Kulit semangka dapat diolah menjadi minuman jus dan diminum seperti biasa.

2. Daun Strawberry

Daun strawberry secara khusus memiliki manfaat dalam memerangi bahaya radikal bebas dalam tubuh. Mengonsumsinya dalam bentuk teh juga dapat membantu menyembuhkan sakit perut.

3. Tongkol Jagung

Tongkol jagung rendah kalori, bsehingga baik untuk diabetes dan membantu mencegah penyakit mata dan penyakit yang berkaitan masalah pembuluh darah. Kandungan antioksidannya membantu mencegah kanker.

4. Kulit Lemon

Kulit lemon mengandung enzim tambahan, serat dan vitamin A yang dapat membantu memerangi kanker, meningkatkan kesehatan tulang dan menurunkan kadar kolesterol. Konsumsi bersamaan dengan yoghurt dan madu untuk menambah citarasa.

Apa saja yang akan Sahabat Koordinatberita.com dapatkan usai menikmati kulit dan biji dari buah dan sayuran di atas...@koordinatberita.com


23 tampilan

Koordinatberita.com

Lebih dari sekadar media digital, yang berafiliasi berita online, cetak, elektrnik, Tv atau kantor pemberitaan oleh swasta. koordinatberita.commengusung platform kolaboratif dan interaktif yang dibangun melalui inovasi, teknologi dan bukan media yang mengintervensi, tapi kritik cerdas. koordinatberita.com menjunjung tinggi kredibilitas, memegang teguh etika jurnalisme.

 

Koordinatberita.com berakta Notaris No: 27, PT. Sinar Katulistiwa Nusantara berbadan hukum siah terdaftar dalam Kementerian Hukum dan Ham RI, NomerAHU-0044771.AH.01.01. Tahun 2018 / Daftar Perseroan Nomer AHU-0124529.AH.01.11.Tahun 2018 Tanggal 21 September. 

  • Facebook
  • Twitter
  • LinkedIn

©2018 BY KOORDINAT BERITA. PT Sinar Katulistiwa Nusantara (