top of page
  • Gambar penulisR

Dindik Jatim Gelontorkan Rp 904,18 M Untuk Gratiskan SPP SMA/SMK


Kepala Dinas Pendidikan Jatim Saiful Rachman.

Koordinatberita.com,(Surabaya) – Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur memastikan program SPP gratis untuk jenjang SMA/SMK akan direalisasikan di awal tahun ajaran baru. Dinas saat ini sudah melayangkan peringatan agar sekolah tidak lagi memungut biaya SPP kepada para siswa.

“Sudah gak boleh narik SPP karena sudah dibayar oleh provinsi, yang baru saja disahkan kemarin di dewan,” kata Kepala Dinas Pendidikan Jatim Saiful Rachman ditemui di kantornya, Kamis 29 November 2018.

Larangan memungut SPP ini terutama diperuntukkan bagi sekolah-sekolah negeri yang ada di Jatim. Untuk sekolah swasta, Saiful meminta agar melakukan penyesuaian. Terutama untuk sekolah-sekolah swasta yang besaran SPP-nya lebih besar dari bantuan yang diberikan Pemprov Jatim masih boleh menarik sumbangan.

Dia mencontohkan sebuah SMK di Gresik menarik SPP Rp200 ribu per bulan. Padahal menurut SE gubernur yang mengatur besaran SPP, wilayah Gresik sebesar Rp160 ribu. “ Jadi orang tua hanya membayar sisa kekurangan yaitu Rp40 ribu,” katanya.

Terkait pembiayaan lain di sekolah seperti kegiatan ekstra kurikuler, Saiful mengatakan Komite Sekolah bisa saja menarik sumbangan dari orang tua.

Syaratnya yaitu ada persetujuan dari seluruh orang tua. “Kalau ada yang merasa keberatan, ya tidak boleh ditarik,” katanya.

Dalam APBD Jatim 2019, disepakati anggaran Rp904,18 miliar yang diperuntukkan bagi 1.280.545 siswa di SMA/SMK negeri dan swasta.

Tapi bantuan anggaran ini baru akan direalisasikan pada tahun ajaran baru alias Juli 2019. Menurutnya, hal ini sesuai dengan arahan dari Gubernur Jatim terpilih Khofifah Indar Parawansa. “Untuk SPP gratis itu kan program gubernur baru, jadi belum direalisasikan awal tahun,” ujarnya.

Dia menjelaskan SPP gratis hanya berlaku mulai Juli hingga Desember 2019. Saiful berharap dalam pembahasan Perubahan APBD 2019 nanti program ini bisa dilanjutkan lagi.

“ Nanti akan kita bahas lagi untuk kebutuhan SPP yang sisa enam bulan berikutnya di PAPBD,” harapnya.

Sementara itu Wakil Ketua Komisi E DPRD Jatim Suli Daim membenarkan bahwa SPP gratis adalah program milik gubernur Jatim terpilih. Meski program gubernur baru, program SPP gratis ini sengaja sudah diakomodir pihaknya agar visi misi yang dijanjikan saat kampanye bisa diwujudkan.

“Tapi sudah kita anggarkan sekarang supaya bisa langsung jalan saat Bu Khofifah dilantik jadi gubernur,” ujarnya.@_Oirul


29 tampilan
Single Post: Blog_Single_Post_Widget
Recent Posts
Kami Arsip
bottom of page