Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • redaksikoordnatberita

‘Adat Bersih Desa’ Kelurahan Setro Tetap Lestarikan Budaya Leluhur


Koordinatberita.com (Gresik)- Budaya Adat Bersih Desa atau Sedekah Bumi ini tidak akan punah mulai dari leluhur Nenek Moyang Jaman dahulu hingga sekarang, Seperti Halnya yang di Meriahkan Acara Budaya Adat “Sedekah Bumi atau Tegal Deso” di Wilayah Kelurahan Setro, Kecamatan Menganti, Gresik. Mnggu,6/10/2019)

Sedekah Bumi tersebut dihadiri warga masyarakat desa Setro oleh masing-masing RT/RW, kepala desa diikuti jajaran pejabat desa Setro dan Perwakilan Camat Menganti-pun turut ikut memeriahkan acara ini.


Dalam upaya mengamankan kegiatan berjalan dengan lancar acara Sedekah Bumi ini masing-masing dari Koramil dan Polsek Menganti turut ikut pengawalan acara Sedekah Bumi desa Setro.

Sedekah Bumi di mulai banyaknya Hasil Bumi (Buah-buahan, Sayuran, Ubi, Ketela dan Cabai Dll.) yang dibawa oleh tiap masing-masing Warga semua berkumpul di halaman balai desa, kemudian di lanjutkan Arak-Arak’an mengelilingi seluruh desa Setro serta juga ada penilaian lomba tumpeng terbaik dari Kelurahan Desa Setro.


" Saya berterima kasih kepada seluruh warga desa setro yang mendukung acara sedekah bumi sehingga bisa berjalan dengan lancar" kata muji selaku ketua panitia acara Sedekah Bumi Desa Setro


Sedekah bumi merupakan kesenian tradisional warisan dari nenek moyang sebagai warisan asli Jawa Timur khususnya Desa Setro selalu mendukung dan membantu pelaksanaan Sedekah Bumi ini.


" Sedekah Bumi merupakan wujud rasa syukur warga desa setro, selain itu dengan momen sedekah bumi ini warga ini jadi lebih rukun, lebih kompak, lebih guyup sebab tanpa guyup dan kekompakan tidak akan bersatu, tanpa persatuan tidak ada kemajuan" kata Achmad Saiful S.H sebagai Kepala Desa Setro


Meskipun ditahun yang akan datang sedekah bumi ini akan selalu ada yang merupakan warisan dari nenek moyang.


" Harapan saya mudah-mudahan warga Desa Setro ini kedepan benar-benar dapat memaknai sedekah bumi bukan sedekar ritual tahunan belaka, sedekah bumi intinya untuk saling menyayangi, rukun satu sama lain menjadi lebih maju" pungkas Achmad Saiful S.H.@_Anam

42 tampilan
  • Facebook
  • Twitter
  • LinkedIn

©2018 BY KOORDINAT BERITA. PT Sinar Katulistiwa Nusantara (