Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square

Antisipasi Karhutla, Pemprov Sumsel Siapkan Dana Rp 37 Miliar


Koordinatberita.com| PALEMBANG~ Mengatisipasi bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Sumatera Selatan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) menganggarkan dana sebesar Rp 37 miliar.


Gubernur H Herman Deru (HD) mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan antisipasi dan penanganan karhutla termasuk pendanaan.


“Sudah kami anggarkan Rp37 miliar untuk pencegahan dan penanganan karhutla tahun 2020 ini,” ujar Herman Deru kepada Koordinatberita.com, Jumat (19/6/2020).


Deru menjelaskan, alokasi dana tersebut bisa dinaikkan hingga Rp50 miliar jika memang dibutuhkan nantinya. Saat ini pihaknya telah membentuk posko dan satuan tugas untuk penanganan karhutla.


“Status siaga karhutla sudah kita keluarkan, agar semua pihak bisa bergerak menjalankan tugas dan fungsinya. Bukan hanya unsur pemerintah saja, namun juga TNI dan Polri serta pihak lain ikut terlibat,” tambahnya.


Hingga saat ini, kata Deru, titik panas yang telah terpantau sejak Januari 2020 mencapai 1.721 titik yang berasal dari Kabupaten Lahat, Musi Banyuasin (Muba), Banyuasin, Muara Enim dan OKI, serta Kota Prabumulih.


“Yang menjadi perhatian utama memang beberapa daerah tersebut karena didominasi lahan gambut. Tahun ini kita tambah luasan daerah rawan karhutla karena kita berkaca dari tahun lalu,” jelasnya.


Sementara itu, Kabid Penanganan Kedaruratan BPBD Sumsel Ansori mengatakan, dengan sudah ditetapkannya status siaga darurat maka pemerintah pusat telah mengucurkan bantuan penanganan karhutla untuk Provinsi Sumsel, berupa helikopter dan pesawat.


“Sekarang kita sudah ada tiga bantuan dari pusat untuk antisipasi karhutla, yakni dua unit helikopter untuk patroli dan waterbombing dengan kapasitas 5.000 liter dan satu unit pesawat untuk patroli,” tandasnya.@_Pri

 
Independence Koordinatberita.com.jpg
Sumardi SH MH (Ucapan natal & Tahun Baru

Koordinatberita.comberakta Notaris No: 27, PT. Sinar Katulistiwa Nusantara berbadan hukum siah terdaftar dalam Kementerian Hukum dan Ham RI, NomerAHU-0044771.AH.01.01. Tahun 2018 / Daftar Perseroan Nomer AHU-0124529.AH.01.11.Tahun 2018 Tanggal 21 September. 

Alamat redaksi: Jl. Bibis Tama, Surabaya Jawa Timur- Telpon: 087853787634 Email:khoirulfatma13@gmail.com- redaksikoordinatberita@gmail.com

PT. Sinar Katulistiwa Nusantara ( Pers

Keluarga Besar Koordinat Berita
  • Facebook
  • Twitter
  • LinkedIn