top of page

Erupsi Gunung Semeru Lumajang, IKADIN DPC Sidoarjo Beri Bantuan Korban & Baksos di 3 Desa Terpencil


Koordinatberita.com| SIDOARJO- Ikatan Advokat Sidoarjo (IKADIN) DPC Sidoarjo, Jawa Timur merespon cepat bencana alam yang terjadi di Kabupaten Lumajang Jawa timur. Namun sebelum peristiwa gunung semeru menyemburkan awan panas, IKADIN DPC Sidoarjo, pada tanggal 4 Desember 2021 yang di ketuahi Agung Silo Basuki Widodo, S.H.,M.H. juga sedang mengadakan baksos di 3 desa terpencil yg baru saja terkena banjir rob.


Agung Silo Basuki Widodo, S.H.,M.H. Ketua DPC IKADIN Sidoarjo, dalam keterangan tertulisnya kepada Koordinatberita.com, Minggu 12/12/2021, bantuan berupa bahan makanan, mie Instan dan Masker akan diberikan secara langsung kepada warga yang terdampak awan panas Gunung Semeru.

Bantuan yang diberikan ke korban erupsi Gunung semeru yaitu bahan makanan, mie instan dan masker ini akan dikirim ke posko desa penanggal kecamatan Candipuro, selanjutnya rekan-rekan dari Posko yang akan mendistribusikan langsung kepada warga terdampak bencana. Hal ini bertujuan agar distribusi bantuan bisa merata tidak menumpuk disatu lokasi saja. Selain pemberian penyerahan bantuan bahan makanan, mie Instan dan masker. Dimana rombongan juga menyempatkan meninjau langsung ke lokasi penampungan pengungsi di desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.


"Kami prihatin dengan kejadian erupsi Gunung semeru. Mari kita bersama-sama mendoakan agar kejadian ini segera berhenti, serta petugas relawan yang bekerja bisa diberi kemudahan untuk menemukan korban semeru yang belum ditemukan saat ini,” ungkap Agung.


Agung menambahkan, seperti diketahui dalam peritiwa itu yakni pada 4 Desember 2021 pukul pukul 15.20 WIB, telah terjadi guguran awan panas Gunung Api Semeru yang mengarah ke Besuk Kobokan Desa Supiturang Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang.


"Lontaran abu vulkanik mengarah ke barat daya (Kabupaten Malang ) pada lapisan 24.000 ft dengan kecepatan 40-50 KM/Jam,"


Kronologi erupsi Gunung Semeru, detailnya Agung mengungkapkan dari informasi masuk getaran banjir pkl 14:47 WIB amak 20 mm, pada seismograf PPGA Gunung Semeru di Pos Gunung Sawur, Dusun Poncosumo Desa Sumber wuluh Kecamatan Candipuro dan belum terkonfirmasi getaran banjir atau guguran awan panas.


"Pukul 15.10 WIB, Pos Pengamatan Gunung Semeru di Gunung Sawur menyatakan bahwa teramati adanya guguran awan panas dengan arah luncuran mengarah ke Besuk Kobokan dan visual Gunung tertutup kabut dan debu vulkanik dengan aroma belerang. Pukul 17.00 WIB info masuk ke Pusdalops BPBD kabupaten Malang bahwa ada dampak abu vulkanik bercampur dengan air hujan diwilayah kabupaten malang,"


Kemudian Pukul 17.20 WIB Info masuk ke Pusdalops tentang informasi arah pergerakan Abu Vulkanik ke arah barat (Kabupaten Malang) pada level 10.000-18.000 ft dengan kecepatan 00-30KM serta ke arah barat Dayapada level 24.000-48.000 ft kecepatan 20-60KM/jam.


Dan Pukul 17.30 WIB, info masuk ke Pusdalops tentang dampak hujan deras disertai abu vulkanik yang terjadi diwilayah Timur-selatan Kabupaten Malang, khususnya diwilayah kaki gunung semeru.


Untuk di ketahui sebelum ada peristiwa Gunung Semeru menyemburkan awan panas pada tanggal 4 Desember 2021 Agung sebagai ketua IKADIN DPC Sidoarjo juga sedang mengadakan baksos di 3 desa terpencil yang baru saja terkena banjir rob.@_Oirul


125 tampilan
Single Post: Blog_Single_Post_Widget
Recent Posts