top of page

Gerakan Pramuka Bisa Tingkatkan Produktivitas Pembangunan Remaja


Koordonatberita.com| BOJONEGORO~ Gerakan Pramuka melalui Saka Kencana merupakan wadah yang strategis bagi para pemuda untuk meningkatkan produktivitas dan berperan dalam pembangunan. Kesehatan reproduksi remaja harus dijaga dengan baik, masa depan yang baik harus direncanakan termasuk keluarga. Pemuda harus semangat dan merencanakan kehidupannya dengan baik," ungkapnya.


"Peningkatan potensi pemuda melalui berbagai program salah satunya EJSC (East Java Super Coridor) yang merupakan program dari Pemprov Jatim dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat dan peningkatan SDM, serta berbagai bidang lain dalam pembangunan. Hal ini merupakan peluang yang dapat dimanfaatkan termasuk dalam mengembangkan program Kelurga Berenca, GenRe atau program kepemudaan lainnya," tambahnya.

"MJC (Milenial Job Centre) merupakan program untuk menciptakan lapangan kerja bagi pemuda. Akan ada pelatihan dan pendampingan tenaga-tenaga muda untuk menggeluti lapangan-lapanga kerja baru sesuai era milenial," pungkasnya.


Sementara, Endang Soelistyowati mengatakan remaja harus semangat dan pantang putus asa dan berperan dalam pembangunan Keluarga.


"Remaja harus semangat, ceria, pantang putus asa. Melalui saka kencana pemuda dapat berperan dalam pembangunan terutama di bidang Keluarga Berencana dan Pembangunan keluarga. Di saka kencana ada beberapa krida yaitu Krida Keluarga Berencana, Krida Kependudukan, Krida GenRe, dan Krida KIE. Dan itu salah satu ujung tombak Program Bangga kencana," ungkapnya.


"Banyak hal yang dapat dipelajari pada krida-krida tersebut, misalnya pelajaran tentang Kespro, seksualitas, pendewasaan usia perkawinan, pencegahan Napza dan lain-lain," pungkasnya.


Hj. Anik Yuliarsih, menerangkan permasalahan di Bojonegoro tarkait kepemudaan salah satunya masih rendahnya UKP (Usia Kawin Pertama).


"Banyak perempuan yang menikah di bawah usia 20 tahun. Program untuk mengantisipasi masalah ini adalah Program GenRe yang secara garis besar berisi No Seks Pra Nikah, No Napza dan No pernikahan dini. Hal ini untuk mewujudkan keluarga yang Bahagia dan sejahtera," Pungkasnya.@_Arif

15 tampilan
Single Post: Blog_Single_Post_Widget
Recent Posts
Kami Arsip
bottom of page