Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square

Jaksa Akan Serempak Lakukan Eksekusi Terpidana Hukuman Mati

”Kejati Jatim Tunggu Instruksi Kejagung Atas

Eksekusi Terpidana Hukuman Mati di Jawa Timur”

Koordinatberita.com | SURABAYA~ Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) akan Serempak melakukan eksekusi terhadap para terpidana hukuman mati. Hal ini sesuai data yang dihimpun Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM (Ditjen Pas Kemenkumham, Hingga saat ini jumlah terpidana mati yang tersebar di Indonesia sebanyak 274 orang. Mereka yang divonis pidana mati berbagai kasus, yakni 68 pembunuhan, 90 narkotika, 8 perampokan, terorisme 1, 1 pencurian,1 kesusilaan, dan pidana lainnya 105.


Namun Kejati Jatim, melalui Aspidum Kejati Jatim, Herry Ahmad Pribadi belum bisa melaksanakan eksekusi mati terhadap sejumlah terpidana yang telah dijatuhi hukuman mati oleh Pengadilan di Jawa Timur.


"Pasalnya, kami baru sebatas melakukan pendataan dulu. Kami masih melihat hak hak dari terpidana ini sudah dipenuhi apa tidak (grasi). Itu harus dipenuhi dulu," kata Aspidum Kejati Jatim, Herry Ahmad Pribadi, Sabtu (23/11).


Diungkapkannya, pelaksanaan eksekusi hukuman mati ini akan dilaksanakan serempak di seluruh Indonesia. Hanya saja, kapan dilaksanakan, Herry mengaku masih menunggu instruksi dari Kejaksaan Agung (Kejagung).


"Pelaksanaannya bersamaan seluruh Indonesia, Instruksinya dari Kejagung," ungkapnya.


Sementara saat ditanya terkait lamanya pelaksanaan eksekusi mati meski para terpidana sudah menjalani puluhan tahun dipenjara, lanjut Herry, disebakan adanya upaya hukum yang masih ditempuh para terpidana mati diantaranya, upaya hukum luar biasa atau disebut Peninjau Kembali (PK) maupun pengajuan grasi ke Presiden.


"Memang masih banyak yang melakukan upaya hukum PK dan Grasi. Karena itu, sekarang kami masih melakukan akurasi data-datanya," sambungnya.


Sedangkan saat ditanya besarnya jumlah anggaran pada pelaksanaan ekseksusi mati tersebut dibenarkan oleh Herry.


"Memang cukup banyak yang dikeluarkan, misal untuk persiapan regu tembak, mental dari para petugasnya juga pelaksanaan lainnya dilapangan banyak sekali, mungkin pengamanannya dan sebagainya. secara riil besarnya saya tidak tau, karena itu lahannya pusat," pungkasnya.@_Oirul

 
Independence Koordinatberita.com.jpg
Sumardi SH MH (Ucapan natal & Tahun Baru

Koordinatberita.comberakta Notaris No: 27, PT. Sinar Katulistiwa Nusantara berbadan hukum siah terdaftar dalam Kementerian Hukum dan Ham RI, NomerAHU-0044771.AH.01.01. Tahun 2018 / Daftar Perseroan Nomer AHU-0124529.AH.01.11.Tahun 2018 Tanggal 21 September. 

Alamat redaksi: Jl. Bibis Tama, Surabaya Jawa Timur- Telpon: 087853787634 Email:khoirulfatma13@gmail.com- redaksikoordinatberita@gmail.com

PT. Sinar Katulistiwa Nusantara ( Pers

Keluarga Besar Koordinat Berita
  • Facebook
  • Twitter
  • LinkedIn