Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • redaksikoordnatberita

Kejahatan Jalanan Tetap Ada! Meski Relatif Menurun di 2019.

“939 Perkara Diungkap Satreskrim Polrestabes Surabaya, 3C Paling Tinggi”

Koordinatberita.com | SURABAYA - Di Akhir tahun 2019 melakukan giat analisis dan evaluasi dalam hasil kerja terkait kejahatan jalanan yang mengalami penurunan.


Meski demikian menurut Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Sandi Nugroho. Dalam kejahatan jalanan yang ada di Surabaya, relatif terjadi penurunan jumlah kasus tindak kejahatan Jalanan di tahun 2019. Selain itu, pihaknya menjelaskan jika kejahatan tak akan pernah berhenti.

Hal Itu, terbukti dari angka kasus yang masih saja ada meski cenderung menurun. Dengan demikian, Sandi menegaskan tetap tidak akan berkompromi dengan para pelaku kejahatan jalanan yang nekat melukasi nyawa petugas maupun korbannya.


"Saya sebenarnya berharap, tahun 2020 nanti, tidak ada pelaku kejahatan yang ditembak mati.


Namun, saya juga tidak merelakan anggota saya yang bertugas dilapangan terancam nyawanya saat melakukan penangkapan.


Jadi, bagi para penjahat, sekali lagi kami tidak segan lakukan tindakan tegas terukur sesuai dengan perkap dan undang-undang yang berlaku jika ada penjahat yang nekat melawan anggota maupun membahayakan nyawa masyarakat," kata Sandi, Senin (30/12/2019).


Setidaknya, dalam waktu setahun ini, sudah ada sembilan orang tersangja yang terpaksa dilakukan tindakan tegas terukur yang berujung pada kamar mayat, sedangkan 22 tersangka lainnya ditembus peluru pada bagian kaki untuk melumpuhkan saat mencoba kabur ketika ditangkap.


Dengan kesempatan yang sama, Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya, AKBP Sudamiran, pamerkan hasil ungkap kasus dan menangkap pelaku tindak kejahatan. Ada diantaranya ditembak mati.


AKBP Sudamiran mengaku, selama tahun 2019 tim Satreskrim dan jajaran Polrestabes Surabaya kasus 3C (Curat, Curanmor, dan Curas) duduki peningkat paling atas.


Jika dirinci pertama Curat ada 332 kasus, Curas terdapat 174 kasus, Curanmor R2 256 kasus dan R4 ada 11 kasus. Disusul dengan kasus lainnya, seperti Anirat (penganiayaan berat) tangani 157 kasus, trafiking 16 kasus dan terakhir ada 4 kasus pembunuhan.


"Dari total keseluruhan 652 tersangka dari 939 kasus yang ditangani, ada sekitar 22 tersangka terpaksa ditembak kakinya dan 9 lainnya ditembak mati, lantaran melawan petugas saat hendak ditangkap," kata Sudamiran pada sambutannya, Senin (30/12/2019).


Menurut Sudamiran, tindakan tegas secara terukur dilakukan terhadap para pelaku tindak kejahatan merupakan kewenangan petugas Kepolisian apabila keselamatannya terancam. Hal tersebut juga sesuai peraturan KapolrI nomor 1 tahun 2009, tentang penghinaan kegiatan dalam tindakan Kepolisian.@_DM

12 tampilan

Koordinatberita.com

Lebih dari sekadar media digital, yang berafiliasi berita online, cetak, elektrnik, Tv atau kantor pemberitaan oleh swasta. koordinatberita.commengusung platform kolaboratif dan interaktif yang dibangun melalui inovasi, teknologi dan bukan media yang mengintervensi, tapi kritik cerdas. koordinatberita.com menjunjung tinggi kredibilitas, memegang teguh etika jurnalisme.

 

Koordinatberita.com berakta Notaris No: 27, PT. Sinar Katulistiwa Nusantara berbadan hukum siah terdaftar dalam Kementerian Hukum dan Ham RI, NomerAHU-0044771.AH.01.01. Tahun 2018 / Daftar Perseroan Nomer AHU-0124529.AH.01.11.Tahun 2018 Tanggal 21 September. 

  • Facebook
  • Twitter
  • LinkedIn

©2018 BY KOORDINAT BERITA. PT Sinar Katulistiwa Nusantara (