Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • redaksikoordinaberita

Sidang Pra Peradilan, Polrestabes Surabaya Dua Kali Mangkir


Koordinatberita.com| SURABAYA~ Polrestabes Surabaya, sudah dua kali sidang pra peradilan mangkir tanpa kejelasan dan sidang kembali ditunda tanggal 11 Mei 2020, yang dimohonkan Annis Setiawan, S.H., M.Kn., melalui kuasa hukumnya dari Yayasan Lembaga Bantuan Hukum (YLBH) Rastra Justitia 789 terhadap Penyidik Polrestabes Surabaya.

Sidang pra peradilan terkait dikeluarkannya Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3) oleh penyidik Polrestabes Surabaya terhadap kasus yang dilaporkan Annis Setiawan, sudah dua kali ini diundur, yang pertama hari Kamis (23/4/2020) dan kedua hari ini Kamis (30/4/2020) dengan alasan sama yakni kuasa hukum Polrestabes Surabaya tidak hadir.

Tampak dalam ruang Garuda 1 Pengadilan Negeri (PN) Surabaya pada hari ini, pemohon Annis Setiawan didampingi kuasa hukumnya dari YLBH Rastra Justitia 789, Zaibi Susanto, S.H., M.H., dan Didi Sungkono, S.H., M.H. Dalam kesempatan itu, Didi Sungkono merasa kecewa karena kuasa hukum Polrestabes tidak hadir dalam 2 kali agenda sidang.


"Saya kecewa, kenapa pihak dari kuasa hukum Polrestabes tidak datang, sudah dua kali ini tidak hadir, ada apa ini ?. Mestinya pihak Polrestabes memperhatikan permohonan pra peradilan masyarakat," ungkap Didi Sungkono. Kamis (30/4/2020).


Perlu diketahui, Sesuai keterangan Advokat Didi Sungkono saat dikonfirmasi awak media ini dan pemberitaannya telah di  diangkat dengan judul "LP di SP3, YLBH Rastra Justitia Pra Peradilan Polrestabes Surabaya" waktu itu (Rabu, 8/4/2020), Didi Sungkono menceritakan kronologi awal adanya pengajuan pra peradilan.


Berawal dari Annis Setiawan meminjamkan kepada temannya bernama Takdirullah satu unit mobil Hummer H3/ Jeep Nopol: L 0081 N yang diperoleh dari pengajuan pembiayaan kendaraan dari CIMB NIAGA yang di Surabaya. Setelah Lunas, CIMB NIAGA tanpa sepengetahuan Annis menyerahkan BPKB mobil Hummer itu ke Takdirullah.


CIMB Niaga mengeluarkan BPKB mobil Hummer milik Annis berdasarkan adanya Surat Pernyataan, bahwa Annis telah memberi pinjam nama kepada Takdirullah, akan tetapi dari keterangan Annis, ia tidak pernah menandatangani surat apapun dan ia memastikan surat pernyataan itu palsu, karena Annis tidak pernah mengalihkan hak atau memberi kuasa menjual kepada siapapun untuk menjual mobil tersebut.


Sejak Takdirullah menerima BPKB dari CIMB NIAGA, Annis tidak bisa lagi menghubungi Takdirullah, akhirnya Annis melaporkan peristiwa itu ke Polda Jatim dan menerima surat Laporan Polisi nomor: LP/B/903/VII/2018/UM/Jatim, sebagai dimaksud tindak pidana penggelapan sesuai pasal 372 KUHP tertanggal 25 Juli 2018.


Dari keterangan Didi, mobil Hummer milik Annis telah dipindah jualkan ke Showroom di Jakarta, dan ia juga menjelaskan, bahwa pada tanggal 31 Juli 2018, Annis menerima pemberitahuan pelimpahan laporan polisi dari Polda Jatim ke Polrestabes Surabaya. Dan pada tanggal 31 Oktober 2018, Annis menerima SP2HP dari Satreskrim Polrestabes dengan nomor: B/2408/SP2HP-2/LP.903.18/X/2018. Pada tanggal 4 Maret 2020, Annis tiba-tiba mendapatkan Surat Penetapan Penghentian Penyidikan dengan nomor: STAP/41/III/Red.1.11/2020 dengan keterangan bahwa laporan Annis tidak cukup bukti. Berdasar SP3 itu, mengakibatkan Annis mengalami kerugian materiil tidak kurang dari Rp 950 juta.


Pengajuan Pra Peradilan atas SP3 yang dikeluarkan Polrestabes Surabaya, Didi beranggapan proses SP3 dari Penyidik Polrestabes merupakan tindakan kesewenang-wenangan dan bertentangan dengan asas kepastian hukum.


Hal itu terlihat pada saat Pemeriksaan BAP hingga dikeluarkan Surat SP3. Selama BAP di Polres, Annis sudah menjelaskan secara gamblang kronologi peristiwanya. Dan pihak penyidik diduga tidak mempertimbangkan alat bukti dari Annis, dan dari para saksi, antara lain 3 saksi dari Annis, 1 saksi dari CIMB NIAGA, dan 1 Saksi dari showroom mobil di Jakarta, sehingga pihak penyidik Polrestabes Surabaya mengeluarkan SP3.


Atas SP3 itulah YLBH Rastra Justitia mewakili Annis Setiawan mengajukan pra peradilan di PN Surabaya. @_Oirul

22 tampilan

Koordinatberita.com

Lebih dari sekadar media digital, yang berafiliasi berita online, cetak, elektrnik, Tv atau kantor pemberitaan oleh swasta. koordinatberita.commengusung platform kolaboratif dan interaktif yang dibangun melalui inovasi, teknologi dan bukan media yang mengintervensi, tapi kritik cerdas. koordinatberita.com menjunjung tinggi kredibilitas, memegang teguh etika jurnalisme.

 

Koordinatberita.com berakta Notaris No: 27, PT. Sinar Katulistiwa Nusantara berbadan hukum siah terdaftar dalam Kementerian Hukum dan Ham RI, NomerAHU-0044771.AH.01.01. Tahun 2018 / Daftar Perseroan Nomer AHU-0124529.AH.01.11.Tahun 2018 Tanggal 21 September. 

  • Facebook
  • Twitter
  • LinkedIn

©2018 BY KOORDINAT BERITA. PT Sinar Katulistiwa Nusantara (