Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • redaksikoordnatberita

Polri Tetapkan 33 Tersangka, Penimbun dan Pemain Harga APD dan Hand Sanitizer


Koordinatberita.com| NASIONAL~ Sebanyak 33 pelaku yang mempermainkan harga dan menimbun Alat Pelindung Diri (ADP), Kini, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) behasil membongkar dan tetapkan sebagai tersangka.


Sangat disayangkan dalam kondisi seperti ini, yakni negara yang berstatus darurat virus corona, masih terjadi penimbunan dan permainan harga untuk Alat Pelindung Diri (APD), dan hand sanitizer. Dari 18 kasus yang diselidiki Polri, telah ditetapkan 33 orang sebagai tersangka.


Dan tidak heran bila 33 pelaku yang ditetapkan tersangka diancam pidana Pasal 29 juncto Pasal 207 UU Nomor 7 Tahun 2014 Tentang Perdagangan dan Pasal 98 juncto Pasal 196 UU Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan.

Kabagpenum Divisi Humas Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra, dalam keterangannya, ”Polri telah mengungkap 18 kasus. Dari 18 kasus modusnya adalah memainkan harga, menimbun, menghalangi jalur distribusi, serta mengedarkan APD dan hand sanitizer tidak sesuai izin. Sebanyak 33 tersangka ditahan,” kata, Kamis (9/4).


Para tersangka menurut Asep, dijerat Pasal 29 juncto Pasal 207 UU Nomor 7 Tahun 2014 Tentang Perdagangan dan Pasal 98 juncto Pasal 196 UU Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan.


“Ancaman penjara pada UU Perdagangan 5 tahun, dan UU Kesehatan 15 tahun penjara,” ujar Asep.



Menurut Asep, kepolisian yang dilangsi dari Kumparan, selalu mengedepankan imbauan pada pelaku usaha dan masyarakat agar tidak menaikkan harga dan menimbun barang selama masa darurat corona ini. Bila imbauan tidak didengar, kepolisian akan menindak tegas.


“Bapak Ibu sekalian, penegakan hukum Polri merupakan upaya paling akhir. Kami kedepankan upaya preventif dan preemtif. Apabila kedua upaya ini tak efektif maka upaya penegakan hukum,” ucapnya.@_Koordinatberita.com

16 tampilan

Koordinatberita.com

Lebih dari sekadar media digital, yang berafiliasi berita online, cetak, elektrnik, Tv atau kantor pemberitaan oleh swasta. koordinatberita.commengusung platform kolaboratif dan interaktif yang dibangun melalui inovasi, teknologi dan bukan media yang mengintervensi, tapi kritik cerdas. koordinatberita.com menjunjung tinggi kredibilitas, memegang teguh etika jurnalisme.

 

Koordinatberita.com berakta Notaris No: 27, PT. Sinar Katulistiwa Nusantara berbadan hukum siah terdaftar dalam Kementerian Hukum dan Ham RI, NomerAHU-0044771.AH.01.01. Tahun 2018 / Daftar Perseroan Nomer AHU-0124529.AH.01.11.Tahun 2018 Tanggal 21 September. 

  • Facebook
  • Twitter
  • LinkedIn

©2018 BY KOORDINAT BERITA. PT Sinar Katulistiwa Nusantara (