top of page

Waspada!, Pekan Depan Cuaca Ekstrem Pancaroba, BMKG: Jaga Stamina Tubuh

Diperbarui: 30 Mar 2020


Koordinatberita.com| NASIONAL~ Pekan depan dikabarkan akan mengalami perubahan cuaca ektrem, akibat dari perubaham musim pancaroba di wilaya Indonesia. Hal ini disamoaijan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).


Oleh karenanya, BMKG memperingatkan adanya ancaman cuaca ekstrem di periode peralihan musim dari hujan menuju kemarau. Masa pancaroba ini diprediksi dialami sebagian besar wilayah Indonesia pada akhir Maret hingga awal Mei 2020. 

Seperti dilangsir Tempo, Saat pancaroba, perubahan kondisi cuaca relatif lebih cepat. Umumnya cuaca pagi hingga siang cerah-berawan dengan kondisi panas terik tapi hujan dengan intensitas tinggi bisa terjadi sekalipun singkat pada siang-sore hari.


“Dapat menimbulkan potensi cuaca ekstrem seperti puting beliung, hujan es, banjir bandang, angin kencang lebih dari 45 kilometer per jam dalam waktu singkat,” ujar Pelaksana tugas Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Widada Sulistya, dalam keterangan tertulisnya 28 Maret 2020.

Berdasarkan dinamika atmosfer terkini, BMKG memprakirakan pada 28 – 31 Maret 2020 beberapa daerah berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang. Wilayahnya meliputi pesisir barat Sumatera, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur dan Bali. Selain itu juga Kalimantan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua. 


BMKG mengimbau seluruh pihak untuk selalu waspada terhadap potensi cuaca ekstrem tersebut. “Perubahan cuaca juga dapat mempengaruhi kondisi stamina tubuh menjadi lebih rentan, masyarakat diimbau untuk selalu menjaga kondisi stamina tubuh tetap fit,” katanya.

@_Koordinatberita.com

33 tampilan
Single Post: Blog_Single_Post_Widget
Recent Posts
Kami Arsip
bottom of page