Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square

Dampak HBA, Ratusan Sidang Pidana Pengadilan Negeri Surabaya Lumpuh

Ratusan Agenda Sidang Tertunda”

Koordinatberita.com,(Surabaya)- Siang ini Pengadilan Negeri ((PN) Surabaya, sekitar ratusa tidak menyidangkan perkara terdakwa pidana. Hal itu dikarenakan ada Peringatan Hari Bhakti Adhiaksa (HBA) 9 Juli 2019.


Pantauhan koordinatberita.com di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, nampak sepih dan sunyi seperti hari-hari biasa yang selalu ramai oleh pengunjung keluarga yang berperkara ataupun tidak berperkara. Hanya saja orang-orang tertentu yang ada misalnya sekuriti, claining servis dan segelintir awak media.

Sedangkan hakim yang menyidangkan perkara tidak ada di ruangan sidang. Semua ruang sidang di PN Surabaya kosong. Akhiratnya dampak dari HBA itu membuat PN Surabaya lumpuh tanpa ada sidang pidana, bahkan penghuni tahanan kosong dan ratusan agenda sidang pidana tertunda.


Sementara melalui Humas PN Surabaya, Sigit Sutriono SH MH mengatakan, jika instansi hukum di tingkat Kejari Tanjung Perak dan Kejaksaan Negeri Surabaya telah menginformasikan kepada pihak Pengadilan Negeri Surabaya jika ada kegiatan HBA.


"Pihak kejaksaan sudah ijin ada kegiatan, tidak bisa sidang hari ini" tukas Sigit Sutriono saat dikonfirmasi diruang kerjanya.Selasa (9/7/2019)


Ia menambahkan, jika ratusan sidang tertunda berketepatan dengan HBA yang digelar di Kejaksaan Tinggi Jatim pada Selasa 9 Juli 2019.


"Jadwalnya ada ratusan perkara sidang yang tertunda, baik itu pidana umum dan pidana khusus mungkin berketepatan dengan HBA" ujarnya


Selain itu, Kejaksaan mempunyai kewenangan untuk mendatangkan terdakwa serta saksi - saksi kepersidangan. Sehingga pada Selasa 9 Juli 2019 pihak kejaksaan telah menginformasikan kepada pihak Pengadilan jika ada kegiatan.


Terkait berapa lama penundaan sidang pidana, pihaknya mengklaim jika penundaan hanya untuk Selasa 9 Juli 2019.


"Penundaan (sidang pidana) untuk hari ini aja" tukasnya.@_ Oirul