top of page

Tersangka Sugito 'Buka Mulut', Akan Bongkar Keterlibatan 5 Legislator

KORUPSI DANA HIBAH PEMKOT SURABAYA, Penyidik Dalami Peran Lima Anggota Dewan”

Sugito Dengan Terbrogol


Koordinatberita.com,(Surabaya)- Sugito, anggota DPRD Surabaya yang ditetapkan sebagai tersangka kasus Jasmas dikabarkan telah membongkar keterlibatan lima rekan sejawatnya yang disebut juga terlibat, yakni Darmawan, Binti Rochma, Dini Rinjani, Ratih Retnowati dan Saiful Aidy.

Kasi Pidsus Kejari Tanjung Perak, Dimaz Atmadi


"Secara eksplisit memang ada keterangan (Sugito) mengarah ke sana dan sekarang kami masih melakukan pemetaan dan peran dari pihak pihak yang terlibat," kata Kasi Pidsus Kejari Tanjung Perak, Dimaz Atmadi saat dikonfirmasi Koordinatberita.com, Sabtu (29/6).


Diungkapkan Dimaz, Pihaknya tidak tebang pilih dalam pengusutan kasus yang telah merugikan keuangan negara sebesar Rp 4,9 miliar tersebut.


"Seperti yang dikatakan Pak Kajari, kami akan bersikap adil, siapapun yang terlibat akan kami tindak," pungkasnya.


Pengembangan kasus ini merupakan tidak lanjut dari perintah hakim Andreano selaku hakim anggota pemeriksa kasus jasmas jilid I dengan terdakwa Agus Setiawan Tjong selaku pelaksana proyek.


"Pak jaksa, Peran anggota dewan dan Pemkot Surabaya didalami ya," ujar hakim Andreano dalam persidangan, Senin (13/5).


Menurut hakim Andreano, Permohonan Jasmas dalam kasus ini telah menyimpang dari aturan, dimana seharusnya permohonan Jasmas tersebut langsung diajukan ke Pemkot Surabaya bukan ke DPRD Surabaya hanya karena berdalih reses.


"Reses itu bagian dari sosialiasi dewan, apakah ada aturan permohonan Jasmas harus ke dewan dulu, inilah yang tidak beres," pungkas Andreano dalam persidangan.


Untuk diketahui, proyek Jasmas ini bermula saat terdakwa Agus Setiawan  mendatangi keenam Anggota DPRD Surabaya di kantornya.


Dalam pertemuan tersebut telah disepakati jenis barang barang yang akan diberikan ke masyarakat, yakni berupa terop, kursi crome, kursi plastik, meja besi, meja plastik, sound system, gerobak sampah serta tempat sampah.


Atas kesepakatan tersebut, Agus Setiawan Tjong melalui tim marketingnya menyebar ke ke 230 RT se Surabaya untuk mengajak mereka mengajukan Jasmas dengan proposal yang telah disiapkan.


Penyebaran proposal permohonan dana Jasmas itu mengacu dari data yang  diberikan ke enam Anggota DPRD Surabaya pada terdakwa sesuai dengan Daerah Pemilihannya.@_Ries/Oirul

24 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments

Rated 0 out of 5 stars.
No ratings yet

Add a rating
Single Post: Blog_Single_Post_Widget
Recent Posts